Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjaga Dan Merawat Aki Kering Anda Agar Tahan Lama!

Tips Menjaga Dan Merawat Aki Kering Anda Agar Tahan Lama!

Hai sahabat putera chaniago web. pada kesempatan ini kita kembali posting mengenai aki dan cara perawatannya. yang kita bicarakan disini adalah aki kering yang ada dimotor. jadi judulnya sebenarnya yang lebih cocok "merawat aki kering motor" tapi yah sudahlah yah lanjut saja.. aki kering motor terdapat pada motor keluaran tahun 2013- sekarang sedangkan aki basah masih ada juga satu persatu. yang paling umum adalah motor matic sekarang yang menggunakan aki kering.

nah mungkin ada nih diantara teman teman disini yang mau agar akinya awet tahan lama dan tidak cepat soak. mungkin teman juga pernah mendengar baru beberapa bulan akinya dibeli eh sudah soak. belum sampai setahun aki kering sudah soak. wah wah hati hati sob itu berarti anda harus tau cara menjaga dan merawatnya. umumnya aki kering itu umurnya rata rata 2 tahun dan ada juga yang 3 tahun. terutama aki bermerek GS itu adalah aki berkualitas untuk motor anda. selain GS juga ada yang dibawah yaitu FDR ini harganya sangat terjangkau dan jauh murah dari GS namun rata rata hanya setahun.

jika akinya sudah mati sebenarnya akinya tidak rusak sob, aki kering itu sebenarnya ada air cairan didalamnya lihat saja di aki kering anda "do not open" nah dibalik itu ada airnya jika habis maka akinya mati jadi anda hanya perlu ketempat service motor yang besar biasanya ada tempat cas aki kering biasanya mereka menambah air khusus aki dengan takaran tertentu dan mengecasnya.

oke bagaimana cara merawat aki kering anda tidak cepat rusak/soak/aus/mati?:

1. pertama membeli aki jika mau ganti, pastikan aki masih tersegel rapi dari pabrik. kadang kadang adaloh orang jual aki bekas yang sudah siap pakai lagi ini biasanya cepat soak jadi pastikan bersegel rapi yah.

2. ketika pagi hari setelah semalaman didiamkan jangan langsung starter anda harus mehengkol motornya dan memanaskan ini untuk mengecas aki nya.

3. saat starter jangan ditekan lama lama tombolnya karena bisa membuat aki seperti terkejut dan cepat soak.

4. selalu matikan kontak kunci motor anda saat tidak digunakan kadang orang pas nyampe kebawahin standar nya trus kan motor sekarang kan kalau standar kebawah mati tuh jadi lupa deh mati in kontak kuncinya ini juga bisa merusak aki

5. selalu bersihkan lempengan tembaga aki jangan sampai berkarat agar kelistrikan tetap lancar.

itulah tips cara merawat aki kering dari kami semoga bermanfaat yah..

Posting Komentar untuk "Tips Menjaga Dan Merawat Aki Kering Anda Agar Tahan Lama!"