Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

APA ITU NET FRAMEWORK PADA SISTEM WINDOWS?

APA ITU NET FRAMEWORK PADA SISTEM WINDOWS?

hai sob, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai simulasi digital lagi, kali ini tentang microsoft, yaiitu microsoft net framework, pertama tama dulu saya heran apa sih fungsi net framework di windows saya buka gak ada yang menarik, kemudian saya mencari informasi tentang ini.

Microsoft .Net Framework adalah lingkungan kerja yang dibuat microsoft untuk memudahkan pengembangan dan eksekusi berbagai macam bahasa pemrograman dan kumpulan pustaka-pustaka atau (library) agar dapat bekerja sama dalam menjalankankan aplikasi berbasis Windows. artinya dia menerjemahkan semua bahasa pemrograman agar dapat menampilkan sesuai dengan yang sebenarnya.

oh iyah, .Net Framework mempunyai 2 komponen utama yaitu Common Language Runtime(CLR) dan .Net Framework Class Library.

aplikasi atau software yang dijalankan untuk .Net Framework dapat dijalankan pada suatu perangkat lunak yang mengatur persyaratan-persyaratan runtime program. yang dikenal sebagai CLR. 

CLR berperan dalam mengatur kode pada saat aplikasi dijalankan, selain itu CLR menyediakan fasilitas seperti manajemen memori, thread, keamanan aplikasi,  penanganan kesalahan pada saat di eksekusi. dll.

Kode yang memakai runtime dikenal dengan managed code,  kode yang tidak menggunakan runtime dikenal dengan unmanaged code.
managed code artinya program yang dibangun dengan menggunakan .Net Framework, dan sebaliknya hal ini dikarenakan

.Net Framework sendiri melakukan pemeriksaan dan penanganan dalam banyak hal sebelum suatu aplikasi dijalankan, seperti masalah keamanan, dan lain sebagainya. dan net framework juga menjaga keamanan pc mu agar tidak terinveksi virus.

selain itu net framework juga system reqruitment, artinya kita bisa mendapatkan software melalui ini yang kompatibel dengan perangkat pc kita, seperti system 32 atau 64 diatur otomatis olehnya.



.Net Framework Class Library
Class library merupakan kumpulan class-class berorientasi objek yang digunakan untuk membuat suatu aplikasi, baik itu dalam modus konsol ataupun dalam modus grafik (GUI),

itulah pengertian net framework pada windows semoga bermanfaat.
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "APA ITU NET FRAMEWORK PADA SISTEM WINDOWS?"