Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Soal Perang melawan keserakahan kongsi dagang | Sejarah indonesia

3 Soal Perang melawan keserakahan kongsi dagang | Sejarah indonesia
Hai sob.. berikut kami bagikan soal langsung jawab mengenai perang melawan keserakahan kongsi dagang
1. mengkaji dan merumuskan tentang perlawanan aceh?
sebagai persiapan aceh melakukan langkah-langkah antara lain melengkapi kapal-kapal dagang aceh dengan persenjataan meriam dan prajurit. mendatangkan bantuan persenjataan sejumlah tentara dan beberapa ahli dari turki pada tahun 1567. mendatangkan bantuan persenjataan dari kalikut dan jepara. setelah berbagai bantuan berdatangan aceh segera melancarkan serangan terhadap portugis dimalaka. portugis harus bertahan mati-matian difomansa/benteng kekuatannya sehingga serangan aceh ini dapat digagalkan sebagai tindakan balasan pada tahun 1569 portugis menyerang balik aceh tetapi serangan portugis diaceh ini juga dapat digagalkan oleh pasukan aceh. 

2. mengkaji dan merumuskan tentang perlawanan dimaluku ( ternate dan tidore)!
pada tahun 1529 terjadi perang antara tidore melawan portugis penyebab perang ini karena kapal-kapal portugis menembaki jung-jung dari banda yang akan membeli cengkih ke tidore. tentu saja tidore tidak dapat menerima tindakan armada portugis. rakyat tidore angkat senjata terjadinlah perang antara tidore melawan porugis dalam perang ini portugis mendapat dukungan dari ternate dan bacan. akhirnya portugis mendapat kemenangan. dengan kemenangan ini portugis menjadi semakin sombong dan sering berlaku kasar terhadap penduduk maluku. upaya monopoli terus dilakukan maka wajar jika sering terjadi letupan perlawanan rakyat.

3. mengkaji dan merumuskan nilai kejuangan yang terkandung dalam perang aceh maupun dimaluku!
jiwa dan semangat juang untuk mengusir portugis dari malaka tidak pernah padam, semangat juang mempertahankan tanah air dan mengusir penjajahan asing semakin meningkat. mempertahankan nilai-nilai kemanusiaan dan semangat maluku yang berkobar melawan portugis.

nah itulah 3 pembahan soal perang melawan keserakahan kongsi dagang.
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "3 Soal Perang melawan keserakahan kongsi dagang | Sejarah indonesia"