Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seni kriya | pengertian, fungsi, jenis dan teknik pembuatannya

Seni kriya | pengertian, fungsi, jenis dan teknik pembuatannya

Hai sob .. pada kesempatan ini kita akan membahas bahan ajar mata pelajaran seni budaya kelas XII tentang seni kriya.
kita mulai..
seni kriya adalah sebuah karya seni yang dibuat menggunakan keterampilan tangan dengan tetap memperhatikan aspek fungsional dan juga nilai seni itu sendiri, sehingga dapat dikategorikan kepada sebuah karya seni terapan nusantara. pembuatan seni kriya tidak hanya pada aspek fungsional saja namun juga pada aspek keindahan. seiring dengan perkembangan karya seni kriya biasanya identik dengan seni kerajinan. dikarenakan seni kriya dibuat dengan menggunakan tangan.

tradisi dalam membuat benda seni kriya sudah ada sejak zaman dahulu, dibuktikan dengan beberapa temuan berupa tembikar terbuat dari tanah liat, diperkirakan manusia sudah menetap sejak zaman batu muda.
tembikar pada zaman itu sudah ada hiasan berupa lambang spiritual. kemudian selanjutnya seni kriya berkembang sangat pesat. perkembangan tersebut bukan hanya pada aspek fungsi saja namun juga berimbas pada kualitas bahan dan bentuk yang semakin bervariasi.

Pengertian seni kriya:

istilah kriya berasal dari bahasa sansekerta 4 huruf yaitu krya yang berarti mengerjakan. dari kata itu kemudian berkembang menjadi beragam mulai dari karya, kriya, kerja dll. dalam arti khusus kriya adalah: mengerjakan suatu hal untuk menghasilkan sebuah benda atau objek namun seiring dengan perkembangan suatu pekerjaan termasuk juga teknik pembuatan yang menghasilkan fungsi tertentu juga disebut seni kriya.

kata kriya sendira dalam KBBI artinya pekerjaan (kerajinan tangan) dalam bahasa ingris disebut craft yang berarti energi atau kekuatan. arti lainnya sebagai keterampilan yang sering dikaitkan dengan profesi pengrajin.

pada kenyataannya seni kriya diartikan dengan karya yang dihasilkan berdasarkan skill atau keterampilan seseorang. penjelasan diatas menunjukan pentingnya suatu keterampilan dalam membuat benda yang digunakan sehari-hari.

nah jika pengertian sudah cukup jelas 
selanjutnya fungsi seni kriya.

1. hiasan. banyak hasil seni kriya yang dihasilkan sebagai hiasan seperti hiasan dinding, karya seni ukir, patung dan lainnya.

2. benda terapan. seni kriya ini mengutamakan fungsi dan bisa sebagai benda untuk dipakai seperti senjata, furnitur keramik dan lainnya.
3. benda mainan. dilingkungan kita sering kita jumpai seni kriya mainan bentukoya sederhana seperti boneka, kipas kertas, congklak dan lainnya.

Jenis-jenis seni kriya:
jenis berdasarkan bahan yang digunakan.
1. seni kriya kayu. kayu sangat banyak dimanfaatkan dalam pembuatan berbagai kerajinan seperti patung, wayang golek, topfng dan lainnya.

2. seni kriya tekstil. tekstil merupakan istilah yang sangat luas mencakup berbagai jenis kain. kain pada umumnya terbuat dari serat yang dipintal dirajut dan menghasilkan kain. variasi rajutan dan juga tenun merupakan faktor terciptanya aneka kain.
dinusantara jenis kriya tekstil terbagi 2 yaitu karya batik dan tenun.

3. kriya keramik. bahan dasarnya adalah tanah liat dibuat 
dengan berbagai teknik seperti cetak, pijit, pilin dan lainnya. setelah itu tanah diproses lebih lanjut. keramik biasanya dibuat dalam benda pakai atau hias seperti guci vas bunga dan lainnya. daerah penghasil keramik terbesar dinusantara adalah yogyakarta, cirebon malang dan purwokerto.

4. kriya logam. kriya ini mengelolah logam menjadi berbagai kerajinan dengan teknik mengecor atau cetakan. cetakan terbuat dari pasir, gips, tanah, dan juga logam. kriya logam menggunakan jenis seperti perak, emas, perunggu, tembaga, besi, kuningan dan lainnya. peralatan rumah tangga adalah produk yang sering dihasilkan.

5. kriya kulit. kriya ini adalah jenis yang menggunakan kulit sebagai bahan bakunya. seperti kulit sapi, kerbau, kambing, ular, buaya dan lainnya. sebelumnya melalui proses tertentu. hasil dari seni kriya ini seperti sepatu, tas, wayang, pakaian, ikat pinggang, dompet, rebana, tempat hp dan lainnya. daerah penghasil seni kriya kulit ini adalah garut bali dan yogyakarta.

6. kriya batu. seperti batu akik,
fosil, jesper dan permata dibentuk menjadi hiasan seperti dari daerah suka raja suka bumi.

sedangkan seni kriya berdasarkan teknik pembuatannya digolongkan menjadi 5.

1. kriya pahat /ukir. jenis, bahan bentuk dalam seni pahat beragam seperti patung dan aneka kerajinan. bali merupakan salah satu daerah paling banyak menghasilkan kerjajinan berupa patung, ukiran seperti arca.

2. kriya batik. teknik cap, tulis, lukis, corak batik jawa umumnya bergaya navralis. selain jawa batik juga terdapat dipulau kalimantan sulawesi sumatra dan bali.

3. kriya tenun. tenun songket dan ikat. daerah penghasil tenun ikat, aceh, sulawesi, sul tengah, sumut, bali, sulsel, kaltim, kalbar, flores, ntt, dan maluku, sedangkat songket: aceh, riau, sumbar, sumut, palembang, kalimantan, sulawesi, lombok, bali, nusatenggara dan maluku.

4. kriya anyaman. chan seperti pandan, rotan, kulit bambu, enceng gondok, pelepah pisang, serat kayu dan lainnya.

5. kriya bordir. bordis adalah sebuah kerajinan rakyat yang membutuhkan ketelatenan dan 
ketekunan dalam proses pengerjaan.

nah itulah tentang pengertian seni kriya, fungsi seni kriya, jenis seni kriya dan cara pembuatan seni kriya semoga bermanfaat dan dapat menjadi ilmu dan menambah pengetahuan kita semua..
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

4 komentar untuk "Seni kriya | pengertian, fungsi, jenis dan teknik pembuatannya"

  1. Bikin becak becak an dari kulit jeruk bali juga bagus.

    BalasHapus
  2. saya suka bikin kriya tekstil berarti. suka merajut dan cross-stitching. ibu-ibu banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau begitu hobinya bisa dijadikan profesi , karena senang bekerja itu adalah dari hobi

      Hapus

AYO BERI KOMENTAR

Jangan lupa beri komentarnya tentang artikel diatas yah, karena komentar kamu membantu blog ini berkembang dan penulis lebih semangat lagi untuk membagikan artikel lainnya.

Terimakasih

Note: Komentar di moderasi demi menghindari spam