Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembiayaan badan usaha dan anggaran biaya perusahaan melihat kondisinya!

Pembiayaan badan usaha dan anggaran biaya perusahaan melihat kondisinya!
selamat datang. pada kesempatan ini kita akan membahas pembiayaan badan usaha, kondisi perusahaan, likuiditas, rentabilitas, solvabilitas, jenis pembiayaan badan usaha dan faktornya.
pembiayaan badan usaha adalah suatu anggaran perusahaan yang berkaitan dengan laba, termasuk cara mengelolah mulai dari permulaan, pengumpulan data dan survei sampai dengan tahap akhir yaitu pengendalian perusahaan.
sebelum kita membahas anharan kita perlu memahami kondisi perusahaan yang terdiri dari 3.
1. likuiditas, adalah kemampuan suatu perusahaan dalam memenuhi kewajiban untuk jangka pendek. kemampuan ini sangat tergantun dari alat-alat pembayaran likuhd yang dimiliki oleh perusahaan. perusahaan yang mampu membayar kewajiban besar disebut sebagai perusahaan yang likuid. ada juga perusahaan kecil yang tidak cukup memenuhi kewajiban disebv illikuid.
2. rentabilitas atau profibilitas.
rentabilitas yaitu kemampuan perusahaan untuk meraih lac dari se jumlah dana dalam periode tertentu. untuk mengukurnya dapat digunakan metode:
a. rentabilitas ekonomi. dengan cara membandingkan antara laba usah dengan modal sendiri dan luar. contoh PT.PUTERACHANIAGOWEB bermodal sebesar Rp. 20.000.000. modal yang ber
asal dari modal sendiri sebesar Rp. 10.000.000 sedangkan Rp. 10.000.000 lagi dari modal kredit dengan jumlah bunga 12% pertahun. laba setahun sebesar Rp. 5.000.000 maka jika dihitung adalah:
5.000.000 : 20.000.000 x 100%=25%

b. rentabilitas modal sendiri. dengan membandingkan antara jumlah laba yang tersedha yang benar-benar digunakan dan laba yang diperhitungkan setelah dikurangi bunga modal asing dan pajak penihasilan.

3. solvabilitas. kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban disaat perusahaan kritis. apabila suatu perusahaan mampu memenuhi kewajiban jangka pendek dan panjang maka perusahaan tersebut disebut solvabel, sebaliknya perusahaan yang tidak mampu memenuhi kewajibannya disebut insolvabel.

nah jika kita sudah mengetahui tentang kondisi

perusahaan maka kita harus menyediakan anggaran.

jenis-jenis pembiayaan badan usaha:

a. anggaran biaya produksi: adapun di anggaran ini adalah semua anggaran yang mencakup bidang produksi seperti rencana penjulan, persediaan akhir, persediaan awal, jumlah barang yang harus diproduksi dan anharan bahan mentah seperti anharan kebutuhan bahan mentah, anggaran pembelian bahan mentah saat habis digunakan untuk produksi.
b. anggaran biaya pemasaran. semua anggaran yang harus dikeluarkan berkaitan pemasaran seperti promosi
c. anggaran administrasi. dikeluarkan untuk urusan administrasi mulai dari biaya direksi, stf, termasuk biaya survei, pendidikan, latihan, seminar dan sebagainnya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi badan usaha ada 2 yaitv jenis bidang usaha dan bentuk usaha dan besar kecilnya.

Menghitung pembiayaan badan usaha. sangat tergantung dari hal yang dimuat dalam rencana perusahaan misalnya besar dana, jenis perusahaan, sistem perusahaan dan sebagainya.

semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Pembiayaan badan usaha dan anggaran biaya perusahaan melihat kondisinya!"