Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Bisnis, tugas, tujuan dan fungsi bisnis perlu sekali diketahui loh!!!.

Bisnis dan lingkunan masyarakat
hari ini kita akan membahas bisnis dan masyarakat sahabat imuel putera

Pengertian Bisnis, tugas, tujuan dan fungsi bisnis perlu sekali diketahui loh!!!.

bisnis berasal dari kata business, istilah yang dipakai dalam dunia perdagangan dapat juga disebut trade (dagang, niaga) artinya semua usaha atau kegiatan yang dilakukan orang maupun badan hukum untuk mengadakan barang-barang dan jasa atau fasilitas lainnya untuk dijual , ditukar, disewakan, dengan tujuan mendapatkan penghasilan yang sebesar-besarnya.
adapun tugas bisnis adalah menjadi fasilitator untuk melancarkan arus barang atau jasa dari produsen kepada konsumen dengan tujuan mewujudkan kemakmuran masyarakat.
dalam melaksanakan tugas bisnis itu, pelaksana banyak mengeluarkan biaya dan tenaga, maka sewajarnyalah kalau pelaksana mendapatkan keuntungan.
sedangkan bisnis selain bertujuan ekonomi juga sebagai sosial, fungshnya sebagai penghubung produsen dengan konsumen yaitu mengelolah faktor produksi menjadi barang jadi atau jasa mempunyai nilai tambah.
baca juga:

BIDANG USAHA ASURANSI PERLU ANDA KETAHUI!!!

 dibidang perdagangan fungsi produksi mengumpulkan, membeli, menyotir, menyimpan, memindahkan, mendistribusikan dari satu tempat ketempat lain. dalam fungsi sosialnya memberikan kesempatan untuk memanfaatkan sumber daya manusia, menjual saham, menyejahterahkan karyawan, mempelihara lingkungan, membuka daerah menjadi berfungsi dan sebagainya.

memahami arti kegiatan bisnis
kenyataan kegiatan bisnis itu banyak sekali, seperti kegiatan dibidang agraris, bidang ekstraktif, bidang industri, bidang perdagangan, dan bidang jasa.

~ bidang agraris: adalah kegiatan alami berhubungan dengan pengolaan pertanian dan perkebunan
~ bidang ekstraktif: kegiatan yang berhubungan dengan penggalian dan pertambangan.
~ bidang industri: adalah kegiatan memproduksi bahan baku menjadi barang jadi, misalnya pabrik tekstil, roti.
~ dibidang perdagangan: yang berkaitan dengan jual beli
~ bidang jasa: adalah kegiatan memberi pelayanan fasilitas, jasa, konstruksi, perhotelan, pengacara.

Kegiatan produksi, adalah kegiatan menyediakan,


 membuat, menciptakan atau menambah daya guna produk. adapun kegiatan produksi 2 macam.

1. kegiatan produksi langsung, yaitu kegiatan yang dilakukan orang untuk menghasilkan barang-barang secara langsung. kegiatan produksi langsung dibedakan sebagai berikut
~ produksi ekstraktif, yaitu memproduksi langsung dari alam seperti pertanian, pertambangan
~ produksi sekunder yaitu yang biasa dilakukan oleh pabrik melalui proses bahan baku menjadi barang jadi yang lebih berguna, misalnya mebel, roti, baju.
~ produksi tertier yaitu kegiatan yang tidak berkaitan langsung dengan produksi tapi ikut berperan serta dalam membantu menyelesaikan bidang-bidang tertentt seperti konsultan, pengacara.

Tugas dan fungsi bisnis dikehidupan masyarakat.

sebagaimana telah kita ketahui sebelumnya tugas dan fungsi bisnis bermuara pada tujuan bisnis, adapun perwujudan tujuan bisnis tersebut dalam masyarakat adalah:
~ mendapatkan penghasilan dan keuntungan optimal
~ mendorong lajunya pertumbuhan ekonomi nasional
~ mengupayakan pemerataan


 penghasilan masyarakat
~ ikut meningkatkan kemakmuran masyarakat.
~ memenuhi kebutuhan masyarakat.

Aspek yang perlu diperhatikan dalam bisnis, masalah manusia, kualitas barang dan lingkungan bisnis.

baca juga:

SEJARAH ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA!!!

~ aspek manusia: dalam usaha bisis, manusia merupakan faktor utama yang harus diperhatikan , baik sebagai produsen, tenaga kerja, maupun konsumen.
sebagai produsen/pengusaha haruslah menguasai betul keseluruhan usah yang ditanganinya, untuk memudahkan dalam menjalankan usaha, disamping itu yang perlu diperhatikan adalah aturan yang berlaku didunia usaha, baik itu ucaince bisnis maupun aturan formal, karena semua itu merupakan etika bisnis dalam rangka kelangsungan usaha itu sendiri.
kemudian tenaga kerja sebagai alat produksi yang melakukan kegiatan ekonomi dimana tenaga kerja sangat menentukan maju mundur perusahaan. baik kemampuan dalam membidangi pekerjaannya juga imbalan sosial.
konsumen perlu mengetahui barang yang dibutuhkan, yang mana perlu dibeli, tahu tentang kualitas atau kegunaannya.


 ~ kualitas barang/jasa serta pelayanannya. suatu produk yang ditawarkan pada masyarakat yang dapat menarik simpati tentu saja barang/jasa yang bermutu atau berdaya guna, karena apabila konsumen telah berkenan terhadap penawaran tidak akan ada lagi hambatan tentang harga.

~ lingkungan, lingkungan bisnis di satu sisi berdampak postitif bagi masyarakat, sebab dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. disisi lain akan berdampak negatif bagi masyarakat karena sering kali timbul persaingan tidak sehat, misalnya penipuan, pencemaran, bahkan kadang mengganggu ketenangan karena bising.
baca juga: 

TIPS MEMILIH PERUSAHAAN ASURANSI YANG TEPAT!

nah itulah tentang bisnis dan masyarakat, pengertian bisnis, tugas bisnis, tujuan bisnis dan fungsi bisnis semoga bermanfaat.
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Pengertian Bisnis, tugas, tujuan dan fungsi bisnis perlu sekali diketahui loh!!!."