Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian teks editorial atau tajuk rencana dan struktur teks!

Pengertian teks editorial atau tajuk rencana dan struktur teks!
Hai sob.. pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai teks editorial atau tajuk rencana, pengertian editorial atau tajuk rencana, fungsi editorial dan tajuk rencana, kaidah kebahasaan pada teks editorial dan tajuk rencana, serta sikap yang diperlukan dalam membuat teks editorial atau tajuk rencana.
Sama juga dengan pembahasan "opini publik bergaya jurnalistik" jurnalistik seperti di media massa seperti di koran MI media indonesia ada informasi editorial.
lalu apa pengertian editorial atau tajuk rencana?
Pengertian editorial atau tajuk rencana adalah suatu tulisan berupa opini atau argumentasi yang ditulis tentang (pembicaraan yang sedang panas atau isu terkini) dimana penulisan bergaya jurnalistik seperti media masa. isi dari editorial atau teks tajuk rencana adalah opini atau pendapat dari seseorang tentang suatu peristiwa yang sedang terkini agar mendapat respon dan perhatian yang sama dari masyarakat.
lalu apa saja sikap yang diperlu  kan dalam membuat teks editorial atau tajuk rencana? baca juga: 

CONTOH SURAT UNDANGAN RESMI SEKOLAH MAUPUN KANTOR!!


Sikap yang diperlukan adalah:
* Peduli, kita harus peduli dengan permasalahan yang menjadi isu terkini yang ramai dibicarakan.
* Jujur, kita harus jujur agar informasi yang kita sampaikan di respect sama orang.
* disiplin, sebagai penulis teks editorial jika tulisan kita bagus maka orang akan selalu mencari tulisan kita maka disinilah perlu kedisiplinan.
* santun, penulisan teks editorial harus menggunakan bahasa yang santun agar orang menyukai tulisan kita.
apa saja struktur teks editorial atau tajuk rencena?

Struktur teks editorial.
* Pernyataan pendapat, adalah menyatakan pendapat kita mengenai hal yang sedang ramai dibicarakan.
* argumentasi, adalah unsur yang harus ada dimana kita menyampaikan argumen-argumen kita mengenai peristiwa yang ramai dibicarakan.
* pernyataan ulang pendapat, pada bagian akhir atau bagian penutup kesimpulan harus ada pernyataan ulang dari pendapat dan argumentasi kita mengenai peristiwa yang ramai dibicarakan. lalu apa fungsi teks editorial atau tajuk rencana?
adapun fungsi teks editorial adalah:
* menunjukan rasa peduli atau solidaritas kepada masyarakat umum dan mendapat respon yang baik.
* menjelaskan tentang peristiwa yang ramai dibicarakan masyarakat
* menyampaikan pendapat kita kepada publik
* dll.

dan apa saja kaidah kebahasaan dalam teks editorial?
adapun kaidah kebahasaan dalam teks editorial adalah, adverbia frekuensi, konjungsi, kata kerja material rasional dan mental, kosakata.
nah itulah pembahasan kita mengenai teks editorial atau tajuk, pengertian, struktur, unsur unsur, fungsi, kaidah kebahasaan editorial, rencana semoga menambah wawasan anda dan semoga bermanfaat.
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

9 komentar untuk "Pengertian teks editorial atau tajuk rencana dan struktur teks!"

AYO BERI KOMENTAR

Jangan lupa beri komentarnya tentang artikel diatas yah, karena komentar kamu membantu blog ini berkembang dan penulis lebih semangat lagi untuk membagikan artikel lainnya.

Terimakasih

Note: Komentar di moderasi demi menghindari spam