Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perintah saling nasehat menasehati dalam islam!

Perintah saling nasehat menasehati dalam islam!
selamat datang sob. pada kesempatan ini kita akan membahas tentang perintah saling menasehati dalam islam. dimana ini sangat penting sekali. saling mengingatkan dan menasehati dalam kebaikan adalah kewajiban sesama muslim. dalam islam menasehati orang lain secara lisan biasa disebut dengan nasehat. wasiat, tausyiah, dan lainnya. istilah umumnya adalah ceramah. kegiatan menyampaikan cerama demikian disebut tablig, sehingga istilah tablig akbar itu maksudnya adalah acara ceramah secara meriah yang dihadiri banyak jamaah. semua kegiatan itu adalah bagian dari dakwah, yaitunya dakwah secara lisan. karena hanya berupa ceramah, sedangkan dakwah bukan hanya melalui lisan, para penceramah agama bisanya disebut mubaligh atau da'i. kesalahan dapat terjadi pada siapa saja, baik mubaligh atau jamaah. oleh karenanya kewajiban berdakwah bukan hanya bagi orang yang pandai berceramah saja, melainkan bagi seluruh umat islam . " sampaikanlah dariku meskipun hanya 1 ayat " kata
nabi muhammad, begitu sabda nabi terkait dengan kewajiban dakwah, terus bagaimana caranya mengingatkan saudara kita yang berbuat salah atau lupa ? tidak harus berceramah juga sob.. apalagi cerama seperti ustad.. cukup sampaikan seperlunya saja, artikel ini juga contoh menyampaikan dakwah secara luas.

dari kewajiban dakwah itulah lahir istilah saling berwasiat dan nasehat menasehati. allah menegaskan perintah tersebut, salah satunya surah al ashr. xang artinya "demi masa, sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi, kecuali orang-orang yang bermiman dan beramal soleh, saling menasehati dengan kebenaran dengan saling menasehati dengan kesabaran" al ashr 103:1-3.

apa yang disampaikan dalam memberi nasehat atau tausyiah? materi pertama adalah ajakan untuk menyembah tuhan yang maha esa yaitunya allah swt. perhatikan nasehat luqman kepada anaknya dalam firman allah surah luqman 31:13-14. yang artinya " dan ingatlah, ketika luqman berkata kepada anaknya, diwaktu ia memberi pelajaran kepadanya: "hai anakku janganlah

kamu mempersekutukan allah sesungguhnya mempersekutukan allah adalah benar-benar kezaliman yang besar" dan kami perintahkan kepada manusia berbuat baik kepada kedua orang tunya: ibunya telah mengandung dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam dua tahun. bersyukurlah kepadaku dan kepada orang tuamu, hanya kepadakulah kembalimu" surah luqman 31:13-14.

nah itulah pembahasan kita mengenai perintah nasehat menasehati dalam islam. semoga menambah wawasan anda dan semoga bermanfaat yah bray..
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Perintah saling nasehat menasehati dalam islam!"