Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata cara menulis indeks buku yang benar!

Tata cara menulis indeks buku yang benar!
selamat datang di sini. INDEKS BUKU akan menjadi topik kita pada kesempatan kali ini. dimana sebelumnya kita harus mengetahui pengertian indeks buku, tujuan indeks buku, membaca memindai indeks buku. disini kami akan menjelaskan secara singkat padat dan tepat.
Membaca memindai adalah membaca daftar nama-nama orang, nama-nama orang yang sudah dikelompokkan berdasarkan susunan alfabet (a-z)
Indek buku
pengertian indeks buku: daftar pengelompokkan kode-kode dari buku buku terhadap nama pengarang, nama buku, nama cerita, nama kesatuan dalam bidang tertentu yang disusun secara alfabet.
Tujuan.
tujuan indeks buku:
untuk memundahkan pembaca mendapatkan informasi dan memahami informasi lebih kuas atau lebih rinci.
contoh:
~ A
A.A Navis 116A >> artinya nama A.A Navis dapat ditemukan pada halaman 116 (berisi sinopsis novel berjudul kemarau karya A.A Navis)
Ajib Rusidi 179 >> artinya nama pengarang yang dapat ditemukan pada buku halaman 179 (sebuah judul puisi laut biru
langit biru karya Ajib rosidi )

setelah kita memahami tentang apa itu indeks buku barulah kita akan mempelajari tatacara menulis indeks buku.

1. indeks nama pengarang: nama pengarang ditulis seperti biasa (tidak dibalik) namun, bagi pengarang luar negeri harus dibalik.
penulisan untuk indeks buku contoh seperti "Groys keraf, tata bahasa buku indonesia 1206" . maka ditulis seperti " Goys keraf, 1206".
penulisan untuk indeks daftar pustaka, setiap indeks berbeda-beda pada daftar pustaka cara penulisan misal seperti contoh diatas Goys keraf, tata bahasa buku indonesia maka indeks pustakanya menjadi "Keraf Goys, tata bahasa buku bahasa indonesia.

nah cukup mudahkan? dengan mengetahui cara penulisan indeks buku diatas kamu bisa membaca dan memahami indeks buku apa saja sekarang. simpel yah mudah diterapkan. jadi kesimpulannya indeks buku itu adalah penjelasan mengenai isi buku, judul buku, pengarang buku, kalimat dalam buku dan sebagainya yang biasanya terdapat dilembaran akhir suatu buku. semoga bermanfaat yah.
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Tata cara menulis indeks buku yang benar!"