Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ringkasan surat perintah sebelas maret (supersemar) sejarah indonesia!

Ringkasan surat perintah sebelas maret (supersemar) sejarah indonesia!

selamat datang di pcw. pada kesempatan ini kita akan berbagi ringkasan atau kesimpulan surat perintah sebelas maret atau supersemar.

SURAT PERINTAH SEBELAS MARET / SUPER SEMAR
Untuk mengatasi krisiss politik yang memuncak pada tgl 11 maret 1966, soekarno mengadakan sidang kabinet. sidang ini ternyata di baikoti oleh para demonstran yang tetap menuntut presiden agar membubarkan PKI dengan melakukan pengempasan ban mobil pada jalan menuju istana.
meskipun ada jaminan dari pangdam Vi jaya amir mahmud yang hadir pada waktu itu, bahwa keadaan tetap aman, presiden soekarno merasa khawatir dan segera meninggalkan sidang. chairul shaleh yang bersama dengan presiden segera menuju bogor dengan heli kopter, sidang kemudian ditutup oleh waperdam II pr. j. leimena yg kemudian menyusul kebogor dengan mobil. sementara itu 3 orang perwira tinggi TNI AD sepakat menyusul presiden kebogor, sebelim berangkat mereka meminta ijin kepada atasannya mentri atau panglima angkatan darat jendral soeharto yang jugma menangkap selaku kokamtib.

latar belakang ucapan itu adalah bahwah sejak pertemuan mereka di bogor pada tgl 2 oktober 1965 setelah meletusnya pemberontakan G-30/pki menurut letjel soeharto, pergolakan rakyat tidak akan reda sebelum keadilan rakyat terpenuhi dan ketakutan rakyat dihilangkan.

pada suav ketika soeharto menyediakan diri membubarkan pki, pesannya pada 3 orang perwira tinggi yang berangkat kebogor mengacu pada kesanggupan tersebut.

k 3 perwira tinggi bersama dengan komandan resimen cakra wirawa, untuk memulihkan keadaan dan wibawa pemerintah.

akhirnya presiden soekarno menanda tangani surat perintah 11 maret /super semar yang berisi pemberontakan kepada letjen soeharto selaku panglima angkatan darat.

dalam menjalankan tugas penerima mandat diharuskan melapor segala sesuatu kepada presiden demi lancarnya tugas perintah letjen soeharto mengangkat 5 orang mentri koordinator AD intern. menjadi presiden kabinet. kelima orang tersebut adalah sultan homongkubuono IX, adam malik, dr. roeslan abdul gani, dr. kh. idham chalid dan dr. j lemaina.

itulah ringkasan atau kesimpulan surat perintah sebelas maret atau super semar. semoga bermanfaat untuk pengetahuan anda terutama buat tugas anda. jangan lupa mampir di blog pcw lagi.
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Ringkasan surat perintah sebelas maret (supersemar) sejarah indonesia!"