Channel Youtube Saya (Subscribe)

Cara menyampaikan nasehat atau dakwah yang baik agar disambut gembira!

Cara menyampaikan nasehat atau dakwah yang baik agar disambut gembira!
selamat datang di pcw. pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai "adab dan metode menyampaikan nasehat atau dakwah yang baik" nasehat itu penting, dan termasuk dakwah, jangan ada yang ditutup tutupin semua kebenaran harus disampaikan seperti kata sabda rasulullah "katakanlah yang benar walaupun terasa pahit" , "sampaikanlah dariku walaupun hanya 1 ayat". orang yang kita sehati adalah manusia yang beragam adat, budaya, kecendrungan, pengetahuan, dan latar belakang sosial. oleh karena itu dakwah yang baik sangat penting, untuk meminimalisir dampak buruknya perlu diperhatikan adab berikut:
* disampaikan dengan cara santun dan lemah lembut, allah mengajarkan seperti "maka disebabkan rahmat allahlah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu..." q.s ali imran/3:159 maka kita menyampaikan nasehat atau dakwah harus lembut penuh kasih sayang

* memperhatikan tingkat pendidikan, tingkat pendidikan dan kemampuan berfikir seseorang menjadi pertimbangan dalam menasehati dan berdakwah seperti sabda rasul "berbicaralah dengan manusia sesuai dengan kadar akal mereka, hr. dailami" baca juga:

PERIODE HARI AKHIR ALAM SEMESTA INI!


* menggunakan bahasa yang sesuai, bahasa harus dapat dipahami dan dimengerti orang lain.

* memperhatikan budaya, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. menghadapi budaya ini harus punya strategi atau kita yang dikucilkan.

* memperhatikan tingkat sosial ekonomi, apakah dia seorang yang berhak menerima zakat? kerena miskin dan sebagainya.

* memperhatikan usia objek, semua orang punya potensi menerima nasehat, akan tetapi disini kita perlu membedakan adab yang muda dan yang tua.
baca juga: Tips musyawarah yang islami dan demokratis seperti ini!

* yakin dan optimis, yakinkan kan diri anda kemudian orang lain bahwa hadist atau nasehat yang anda sampai kan bersumber dari alquran dan sunahnya.

* menjalin kerja sama, saling nasehat menasehati dan saling menyampaikan agar terwujudnya keimanan yang kuat dan kokoh serta tidak tergoyahkan.

* kosekuensi dengan perkataan, kita harus selalu sesuai perkataan kita dan perbuatan kita supaya kita dihargai dan dijadikan teladan yang baik.

itulah cara berdakwah atau menyampaikan nasehat yang baik agar diterima orang lain dengan senang hati.

0 Response to "Cara menyampaikan nasehat atau dakwah yang baik agar disambut gembira!"

Post a Comment

BERI PENDAPATMU..
Hai sob ayo berkomentar, Ayo berikan saran dan kritik yang bersifat membangun .. Agar blog ini berkembang dan kami semakin semangat memberi informasi kepada anda, komentar sobat dibutuhkan, :)

--> Silahkan pilih sistem komentar, jika ingin menggunakan facebook silahkan diforum diatas, jika menggunakan akun google, live journal, wordpress, openid, name/url, typepad, aim kotak dibawah.

Tersedia Name/url Untuk Backlink Ke website mu..
--> 95% komentar disetujui, Jangan buang-buang waktu anda melakukan SPAM

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel