Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adat makan sirih di ranah minang sumatera barat!

Adat makan sirih di ranah minang sumatera barat!

hai sobat putera chaniago web.. pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai adat dan kebiasaan nih sob.. kita akan bahas adat minang atau adat padang sumatera barat asli. tahu tidak sob? kalo disumatera barat minangkabau ada adat unik yaitu makan sirih. ini merupakan adat yang ada di ranah minang sumatera barat.. ups yang makan sirih bisa siapa saja namun hanya pada waktu tertentu saja memakan sirih ini.

kapan saja waktu makan sirih ini?
pertama, ketika baduduak kan manikah ini artinya ketika musyawarah tentang rencana pernikahan.
kedua, manjalang tamu, artinya tamu yang datang disambut adat minang perlu memakan sirih ini karena itu dianggap penting.

dan ada beberapa moment lagi saat memakan sirih diranah minang.
adat minang ini memang sangat kental sekali terutama didesa desa dan diperkampungan, mereka sangat menghormati sesama dan semua diselesaikan dengan kata mufakat. yah itulah ranah minang, tapi yang bagian kota kotanya memang sudah mulai luntur  dari nilai adat istiadat karena terpengaruh suasana perkotaan itu sendiri, banyak yang tidak menghormati sesama, banyak yang merusak nilai nilai adat dan sebagainya.

namun dipedesaan dan perkampungan disumbar ini mereka tetap menjaga nilai nilai luhur adat istiadat nenek moyang mereka. mereka terus melestarikannya sampai keanak cucu mereka dan sampai generasi kegenarasi berikutnya.

seperti adat makan sirih ini masih sangat kental dipedesaan dan perkampungan, mereka menjaga tradisi.

tahukah anda sob? ternyata banyak manfaat dari mengunyah daun sirih loh.. iyah banyak sekali manfaatnya, daun sirih itu mengandung anti oksida yang mampu melindungi tubuh dari kuman. terutama mulut, sirih mampu menghilangkan kumat dimulut, sariawan, bibir pecah pecah dan radang tenggorokan.

wah berarti orang minang sehat sehat donk? hehe mungkin saja yah hehe tapi yang tetap memegang nilai nilai luhur ini saja yah.. hehe.. oke sekian pembahasan kita pada kesempatan ini semoga menambah wawasan anda sobat pcw.
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Adat makan sirih di ranah minang sumatera barat!"