Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Tentang Asuransi Syariah Lengkap!

Makalah Tentang Asuransi Syariah Lengkap!

Hai Sob imuel.. Berikut Ini Merupakan Makalah Tentang Asuransi Syariah atau asuransi islam. makalah asuransi ini dibuat untuk anda yang butuh referensi tentang asuransi syariah.. misalnya tugas dari guru disekolah, dsb.. makalah asuransi islam atau asuransi syariah ini kami susun dengan sebaik baiknya. bisa di print atau kirim via email. (lembar) merupakan tanda satu halaman kertas jika diprint. tanpa panjang lebar lagi berikut ini tentang makalahnya:



(Lembar 1)


MAKALAH ASURANSI SYARIAH
DISUSUN OLEH:
NAMA:
TUGAS:
EMAIL:
TAHUN 2017
(halaman 2)


 Kata Pengantar
Dengan Tidak Lupa Ucapan Puji syukur saya ucapkan kepada tuhan yang maha esa karena telah memberi rahmat dan karunianya. sehingga saya dapat menyelesaikan makalah tentang asuransi syariah ini, harapan semoga makalah ini dapat menjadi lahan ilmu kita bersama terutama membahas asuransi.
Makalah ini disusun dengan sebaik dan secermat mungkin sehingga memiliki isi yang padat dan tepat sasaran.
Kita ketahui bersama  bahwa asuransi sangat penting disetiap lini kehidupan kita, namun kesadaran ini masih sangat kurang sekali oleh karena itu semoga makalah ini dapat memberikan pemahaman tentang asuransi khususnya asuransi syariah yang sesuai konsep agama islam.

Mudah mudahan makalah ini menambah pengetahuan dan wawasan kita.

Saya sadari dalam penyusunan makalah ini terdapat kekurangan, kritik dan saran yang membangun sangat saya butuhkan untuk kesempurnaan dipenyusunan makalah berikutnya.


Penyusun:
Rani Chania

(lembar 3)
Daftar Isi
::: Kata Pengantar
::: Daftar Isi
::: Pengertian Asuransi
::: Pengertian Asuransi Syariah
::: Konsep Asuransi Syariah
::: Sejarah Asuransi Syariah
::: HUKUM ASURANSI SYARIAH
::: Manfaat Asuransi Syariah

::: Kesimpulan.
::: Daftar Pustaka

(lembar 4)
Pengertian Asuransi
- Asuransi merupakan suatu perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seseorang tertanggung dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian /kerusakan /kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu.

Pengertian asuransi syariah atau asuransi islam:
asuransi syariah adalah program perasuransian yang dijalankan berdasarkan konsep islam dalam hal ini menerapkan konsep tolong menolong antar sesama manusia dimuka bumi ini.

Konsep Asuransi Syariah
pada asuransi syariah konsep yang diterapkannya adalah saling tolong menolong, saling bantu membantu.
perusahaan dalam hal ini hanyalah orang yang diberi amanah untuk mengelolah keuangan yaitu premi asuransi yang dibayarkan oleh para nasabahnya  jika terjadi klaim asuransi atau terjadi resiko kepada salah satu anggota asuransi syariah maka yang memberi bantuan dan yang menanggung adalah anggota lainnya. jadi perusahaan hanyalah sebagai orang yang dipercaya mengelolah, orang atau perusahaan ini bukan menanggung

(lembar 5)
Sejarah Asuransi Syariah
asuransi syariah sekarang  sebenarnya tidak dikenal pada masa masa awal Islam, akibatnya banyak orang Islam menyimpulkan bahwa asuransi tidak dapat dipandang sebagai hal yang halal. Walaupun secara jelas mengenai lembaga  ini tidak dikenal pada masa awal Islam,  tetapi terdapat beberapa aktivitas dari kehidupan masyarakat pada masa Rasulullah saw yang mengarah pada prinsip asuransi. Misalnya yaitu konsep tanggung jawab bersama yang disebut dengan sistem aqilah. dan Sistem tersebut telah berkembang pada masyarakat Arab sebelum lahirnya Rasulullah SAW. dan juga menjadi kebiasaan suku Arab sejak  dulu. jika ada salah satu anggota suku atau kelompok yang terbunuh oleh anggota dari suku atau kelompok lain, pewaris korban akan dibayar sejumlah uang darah (disebut diyat) sebagai kompensasi oleh saudara terdekat dari pembunuh tersebut. Saudara terdekat pembunuh itu harus membayar uang darah (yang disebut Aqilah tadi) atas nama pembunuh.
kemudian pada zaman Rasulullah SAW. atau pada awal masa Islam sistem tersebut dipraktikan di antara kaum muhajirin dan anshar. Sistem aqilah adalah sistem menghimpun anggota untuk menyumbang dalam suatu tabungan bersama yang dikenal sebagai kunz. Tabungan ini bertujuan untuk memberikan pertolongan kepada keluarga korban yang terbunuh secara tidak sengaja dan untuk membebaskan hamba sahaya.
di perkembangan selanjutnya aqilah diterima menjadi bagian dari hukum Islam, seperti hadist berikut: yang “Diriwaiatkan oleh Abu Hanifah mengatakan: pernah dua wanita dari suku Huzail bertikai ketika seorang dari mereka memukul yang lain dengan batu yang mengakibatkan kematian wanita itu dan jabang bayi dalam rahimnya. Pewaris korban membawa kejadian itu ke pengadilan Nabi Muhammad SAW yang memberikan keputusan bahwa kompensasi bagi pembunuh anak bayi adalah membebaskan seorang budak laki-laki atau perempuan sedangkan kompensasi atas membunuh wanita adalah uang darah (diyat) yang harus dibayar oleh saudara pihak ayah (aqilah) dari yang tertuduh.
dan semenjak saat itu dikenal lah sebagai asuransi syariah

(lembar 6)
HUKUM ASURANSI SYARIAH (ASURANSI ISLAM)

HALAL karena memang asuransi syariah itu dijalankan atas konsep atau prinsip islam dan sangat logis dikatakan halal.
sekali lagi.. asuransi syariah atau asuransi islam itu hukumnya halal. alasannya: kita kembali ke konsep perusahaan asuransi syariah. pada asuransi syariah konsep yang diterapkannya adalah saling tolong menolong, saling bantu membantu.

Manfaat Asuransi Syariah
1. Ekonomi Tetap Stabil2. Kemudahan Ketika Terjadi Resiko3. Merasa Nyaman Tidak Banyak FikiranItu merupakan poin poin penting dari manfaat asuransi. jika asuransi islam atau asuransi syariah maka ditambah 1 manfaat lagi yaitu keberkahan dan kesejukan jiwa.

::: Kesimpulan.

Setelah kita uraikan panjang lebar mengenai asuransi syariah maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa asuransi syariah adalah asuransi yang sesuai dengan konsep agama islam. dan asuransi syariah konsep pertanggungannya tolong menolong dimana yang menjadi tertanggung adalah sesama anggota atau nasabah. berbeda dengan asuransi konvensional dimana tertanggung adalah pihak perusahaan asuransi. dan asuransi syariah adalah asuransi yang halal tanpa adanya riba.

::: Daftar Pustaka
Adapun daftar pustaka dari makalah ini semuanya dari blog http://imuelputblogspot.com

itulah makalah tentang asuransi syariah yang bisa kami sajikan untuk anda. semoga bermanfaat.
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.