Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Pengalaman Merantau Ke Batam Cari Kerja di Batam (Untuk yang mau Merantau)

Hai sob, perkenalkan nama saya Musmulyadi panggil saja, Imuel Chaniago, saya berasal dari padang Sumatra Barat, nah dikesempatan kali ini saya ingin sedikit bercerita tentang pengalaman saya merantau ke Batam, jadi mulainnya dari mana yah?

CERITA AWAL SEBELUM MERANTAU KEBATAM


Oke sebelum Merantaunya kita cerita tentang awal kenapa saya merantau.
jadi pas saya kelas 3 SMK pertamanya saya tidak niat untuk merantau sob, malahan saya sangat ingin kuliah seperti teman-teman saya yang mampu, namun saya tahu orang tua saya tidak mampu untuk mengkuliahkan saya.

akan tetapi saya tetap ingin kuliah dan mencoba SNMPTN dan JUGA SBMPTN , waktu itu disekolah dibimbing oleh guru guru untuk mendaftar dan juga rekomendasi dari sekolah, dan waktu tahunya sangat lama sekitar beberapa bulan.

setiap hari saya pergi kewarnet bersama teman teman disana, karena saya sangat suka menulis jadi saya membuat blog ini dari kelas 2 smk kalau tidak salah yah, nah diwarnet itu kadang saya main game kadang saya buka youtube namun yang lebih sering itu yah ngeblog. sementara teman teman saya yang lain sibuk main game point blank sama

singkat cerita teman saya yang juga teman SD saya dia bilang akan merantau kebatam, nah disana saya diajak untuk pertama kalinya sob, jadi waktu itu saya bilang ah aku kalau gak diterima kuliah cari kerja di Padang ajalah jauh Batam gitu.

nah ajakan ajakan itu tiap hari tuh dibilang teman saya ini sob , jadi pas kewarnet hampir tiap hari waktu itu. akan tetapi saya masih mikir mikir, sampai akhirnya pengumuman SNMPTN keluar dan kami tidak lulus, jadi walau dia berencana ke batam dia tetap ikut tes SNMPTN / SBMPTN yah sob kami berdua, nah kami coba SBMPTN dan kami pergi tes ke Universitas Andalas waktu itu sob,

sampai tes selesai saya merasa sangat sulit sekali soalnya banyak yang menjebak, dan saya rasa saya tidak akan lulus walaupun masih berharap lulus sih sob hehe...
nah disini lah saya mulai teringat ajakan teman tadi Merantau Kebatam.

jadi langsung aja saya bilang ke mama saya waktu itu dan boleh, selama ini aku mau kemana sama mama ku boleh sob mungkin karna aku adalah anak laki laki yah hehe wajarlah anak pertama lagi.
namun sanak family jauh banyak yang gak setuju katanya susah lah cari kerja dibatam, katanya anak tetangga 4 bulan gak dapat kerja dan balik kampung habis habisin uang,

dan saya bodo amat katanya yang penting mama saya oke yah udah, kemudian saya uruslah surat menyurat yang perlu seperti SKCK kartu kuning/ disnaker dan surat keterangan sehat dan juga fotokopi semua berkas berkas ktp ijazah dan sertifikat yang saya punya.

untuk merantau saya gak punya uang sob , jadi mama juga bilang kalau mau kebatam mama gak punya uang jadi mama bolehin tapi memang kondisi keluarga kami memang sulit jadi saya juga paham.
oleh karena itu saya bilang keteman saya saya ikut kebatam gitu..

nah hasil SBMPTN Pun keluar dan saya dinyatakan tidak lulus sob dan semakin membuat saya yakin ingin merantau ke Batam.

akan tetapi berangkatnya masih nunggu ijazah kawan itu dia belum ambil ijazah karna masih belum bayar spp waktu itu dan kami sama sama orang sederhana, karena masih banyak waktu saya disuruhlah oleh mama saya ke RIAU ke tempat tante saya dimana dia punya kebun karet dan juga jualan sate, sekitar 1 bulan saya disana nampaknya uangnya tidak cukup juga karena kebun karetnya baru dibuka jadi getahnya tidak banyak jadi saya memutuskan untuk minjam aja 1 juta sama tante saya.

tante saya sampe gadaiin kalungnya buat minjamin saya uang, nah akhirnya saya balik lagi kepadang dan saya ketempat teman saya namun ternyata teman saya masih belum ambil ijazah karena masih belum punya uang, sementara masih nunggu itu saya diajak paman saya motong karet juga sob.

jadi jaraknya cuma 30 km dan itu lumayan dekat nah disana lah saya lumayan dapat uang buat modal ke batam, disana sangat banyak sekali getahnya, sampai beberapa minggu akhirnya ngumpul lah uang dan uang yang saya pinjam sama tante 1 juta langsung saya balikin karena masih ada dan saya juga memberi mama saya tiap minggu tiap panen karet itu 100 lah gitu,

jadi uang bersih saya ada 1.9 juta, nah bebrapa hari kemudian saya dikasih informasi sama teman bahwa hari H nya berangkat gitu sob, jadi tiketnya 330.000 rupiah kalau gak salah waktu itu, dan itu pesawat pertama yang saya naikin adalah lion. jadi kira kira modal saya dibatam adalah 1.5 jt sob dan itu modal bukan minta sama orang tua tapi kerja sama paman.

MERANTAU JUGA AKHIRNYA


Sempat ambil fot waktu itu

Hari H nya pun tiba kami memesan sebuah travel dengan ongkos ke Bandara 100 rb, kami berangkat 3 orang dan  yang 1 nya lagi itu adalah kakak temannya saya itu yang baru saja Wisuda, jadi saat dia wisuda kami juga kesana sama teman saya ini dan dia kulliah di UNAND itu loh sob, hebat yah..

jadi kami berangkat ber 3 dan ini adalah penerbangan pertama saya, saya tidak tahu bagaimana caranya naik pesawat dan saya hanya ngikutin teman dan orang orang saya hanya berpura pura sok sudah biasa padahal pertama kali men ... trus pura pura gak takut dan sampailah pesawat berangkat pas pertama kali itu sob pesawatnya kan naik dan jantung rasanya udah di lantai sob wkwkw lebay yah tapi saya tetap pura pura sok udah biasa gitu yah biar gak diliat norak norak banget yah sob hehe,,, dan pas pesawat mau mendarat juga jantung rasa naik turun namun seperti sebelumnya pura pura udah biasa aja sob hehe...

Sampailah kami di batam waktu itu udah mulai gelap dan sampai malam kami dibandara, nunggu jemputan kakaknya yang 1 lagi yang udah lama dibatam. karena kakak teman yang udah lama dibatam ini juga saya mau ikut ke batam sob, jadi kami tinggal disana.


di depan mesjid raya batam Welcome to Batam.


jembatan barelang, dimana jembatan ini adalah ikon wisata kota Batam


Pantai Nongsa Batam

jadi hari pertama kedua kami belum mencari kerja kami jalan jalan dulu yaitu ke welcome to batam dan jembatan barelang dan juga pantai. hari berikutnya baru kami cari kerja sob.

CARI KERJA DI BATAM
Nah sob jadi hari berikutnya kami mulai mencari kerja kami beli kebutuhan kebutuhan seperti map dan pena dan pasphoto dicetak dan sebgainya, sampai beberapa lamaran siap dan hari pertama kami mencari kerja adalah di CC Batamindo namanya sob, ini alamatnya di muka kuning batam dan ini merupakan pusat tempatnya para pengangguran sob karena disinilah para PT PT nempelin brosur lamaran kerja dan disini lengkap ada plaza ada wisma ada bank ada caffe ada kantor Pos dan lainnya.

hari pertama tidak ada yang cocok rata rata perusahaan minta yang udah pengalaman gitu, lah kita aja baru tamat sekolah sob hehe, jadi samapai seminggu lamanya gitu dan tidak ada hasil sama sekali sob, dan saya berusaha lagi cari informasi di media lain seperti koran dan grup facebook, jadi saya gabung tuh di semua grup loker batam dan disana sangat banyak sekali ternyata yang publish loker.

tiap hari saya mantau tuh grup loker dan pertama masukin lamaran itu di PT namun tidak ada panggilan kemudian saya juga pernah coba di Cinema XXI dan hotel dan caffe dan indomaret, namun saya masih ingat saya pernah dipanggil oleh sebuah caffe namun saya tidak tahu alamatnya dan tersesat akhirnya saya pulang, saya juga pernah melamar ke apotek sebagai marketing karena jurusan saya memang marketing sob, namun 2 kali interview rupanya tidak dipanggil juga.

nah saya juga pernah di interview oleh salah satu hotel dimana saat itu syaratnya adalah minimal D3 dan saya iseng aja gitu rupanya di interview, nah mereka tuh mau bikin situs booking hotel yah mirip traveloka dan sebagainya gitu, jadi walaupun saya basiknya marketing saya juga belajar pemasaran online dan saya juga belajar membuat web dan juga belajar otodidak diwarnet, dan untuk membuat situs seperti traveloka saya bilang bisa, bahkan sampai aplikasi androidnya, saya juga memperlihatkan demo contoh contohnya karena saya sudah pernah juga membuat sebelumnya
..

namun,, apa kata mereka, mereka cari yang pengalaman. walnya mereka muji muji saya kemudian dihempaskan dan dijatuhkan, haa..

nah itu kita lupakan kemudian saya coba daftar di indomaret dan pas mau tes saya telat 5 menit karena lama dapat alamantnya dan orang sudah mulai, dan sekuritinya bilang gak boleh masuk lagi dan kesempatan jadi pegawai indomaret gagal.

namun tiap minggu saya sempatin lihat lowongan di Cc Batamindo dan itu berselang selama 3 bulan sob, jadi 3 bulan itu saya sangat hemat uang belanja dan disanalah saya memasukan lamaran kepada sebuah PT di panbil, nah waktu itu sekitar 2 minggu baru ada kabar, sempat udah mau balik kampung juga karna uang sudah sangat menipis sekali namun tuhan menunjukan kuasanya dengan segala usaha saya,,, kemudian saya di sms dengan nomor indosat, oleh PT dipanbil itu, jadi saya merasa agak ragu saya tanya lah keteman teman saya kebetulan 3 bulan sudah dapat banyak teman dan dia pernah tes disana dan benar katanya memang itu asli nomor HR nya.

Sampailah saya datang memakai kemeja putih celana hitam namun saya pakai baju kokoh loh sob bukan kemeja haha,, ternyata benar saat itu langsung tes tertulis kemudian lulus tes lagi namanya tes bot dan hari itu juga medical dan sampai hari itu pulang disuruh nunggu,

nah besoknya pas lagi nyantai ada telephone menggunakan nomor resmi perusahaan dan mereka bilang besok datang ke PT bawa itu tu tu... syarat sayaratnya matrai dan lainnya, rupanya hari itu adalah sign contrac sob, wah saya sangat senang sekali sob akhirnya saya bisa kerja juga dibatam.

meskipun sebelumnya interview gagal mulu tes gagal mulu sampai PT besar yang punya 3000 karyawan ini ngontrak saya, saya sangat senang sob,
dan teman saya waktu itu belum dapat kerja jadi saya yang dapat duluan beberapa minggu kemudian kakaknya teman saya dapat kerja juga dan teman saya juga dapat kerja dan kami sudah bekerja di Batam walau kontrak.

nah rupanya gaji saya sangat besar sob jadi gaji saya itu rata rata adalah 5 koma sekian juta lah, jadi saya langsung kredit motor dan juga ngirim ke orang tua dan sampai motor lunas dapat membantu adik yang masih sekolah dan juga keuangan keluarga itu sangat senang sekali sob.


Jadi buat kalian yang mau merantau kebatam kalian harus punya tekad yang besar dan semangat jangan malas malas cari kerja karena tidak akan pernah dapat jika kalian tidak mencari dan berusaha,

sekian pengalaman saya ayok komen di kolom dibawah yah sob siapa tahu ada yang mau merantau dan atau pengalamnnya juga.




Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

1 komentar untuk "Cerita Pengalaman Merantau Ke Batam Cari Kerja di Batam (Untuk yang mau Merantau)"

  1. Wow respect bang saya, abang telah memberikan saya motivasi untuk menjadi laki-laki tulen. semanhat bang kerjanya, sukses terus, semoga keluarga dirumah sehat-sehat

    BalasHapus

AYO BERI KOMENTAR

Jangan lupa beri komentarnya tentang artikel diatas yah, karena komentar kamu membantu blog ini berkembang dan penulis lebih semangat lagi untuk membagikan artikel lainnya.

Terimakasih

Note: Komentar di moderasi demi menghindari spam