Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Glosarium pengertian dan penjelasan kata Sejarah indonesia

Glosarium pengertian dan penjelasan kata Sejarah indonesia

hai sob.. pada kesempatan ini kembali lagi kita membahas tentang pengertian dan penjelasan kata-kata yang mungkin belum familiar diingatan kita. untuk itu kami menjelaskan tentang pelajaran sejarah indonesia dan mungkin juga berguna dalam pengertian hal lain.
BUUD/KUD: pemerintah orde baru melibatkan para petani melalui koperasi untuk memperbaiki produksi pangan nasional. oleh karena itu pemerintah menunjuk universitas gaja mada dengan membentuk badan usaha unit desa (BUUD) lahirlah koperasi unit desa (kud) sebagai bagian dari derap pembangunan nasional BUUD dan KUD melakukan kegiatan pengadaan pangan untuk stok nasional.
Difusi partai: tahun 1971 pemerintah mengajukan penyederhanaan parpol. hasilnya parpol islam seperti nu, parmusi,psii dan ppp , parkindo, pni, ipki, tergabung dalam kelompok demokrasi pembangunan. memasuka tahun 73 parol melakukan fusi kelompok persatuan pembangunan sejak 5 januari 1973 berganti nama jadi PPP.
dwi fungsi ari:abri: konsep dwifungsi abri adalah "jiwa tekad dan semangat pengabdian abri, untuk bersama-sama dengan kekuatan perjuangan lainnya memikul tugas dan tanggung jawab perjuangan bangsa indonesia, baik dibidang hankam negara maupun dibidang kesejah teraan bangsa dalam rangka penciptaan tujuan nasional, berdasarkan pancasila dan UUD1945"

Kelompencapir: kelompok pendengar pembaca pemisa merupakan salah satu progaram pertanian orde baru yang khas karena menyuguhkan temu wicara langsung antara petani, nelayan dan peternak dengan mentri secara langsung.

keluarga berencana: untuk mengendalikan jumlah penduduk pemerintah orde baru mulai lampanye "keluarga berencana" yang menganjurkan setiap pasangan memiliki secukupnya 2 anak.

nawaksara: nawa berasal dari kata sanskerta berarti sembilan dan aksara berarti huruf dan istilah.

tritura: mengandung arti tri tuntutan rakyat. tuntutan tsb dipelopori oleh KAMI dan KAPPI.

dokumen gilehrist: dokumen atau catatan dibuat oleh gilchrist duta besar inggris pada tahun 1960an 
dokumen ini dijadikan alasan oleh pki menuduh ad akan melakukan kudeta terhadap sukarno.

conefo: konferensi negara yang tergabung kedalam nefos.


dekrit presiden: keputusan atau ketetapan presiden terkait dengan kondisi politik yang tidak stabil akibat fwan konstituante tidak berhasil menyelesaikan UUD baru.

demisioner: keadaan tanpa kekuasaan misal suav kcinet yang telah mengembalikan mandatnya kepada kepala negara tapi masih melaksanakan tugas sehari-hari sambil menunggu dilantiknya kabinet baru.

demokrasi parlementer: demokrasi yang bercirikan banyak partai dalam pelaksanaan pemerintahannya ditandai dengan berjalannya sistem kabinet parlementer.

devaluasi: penurunan nilai mata uang yang dilakukan dengan sengaja terhadap mata uang asing atau terhadap emas dengan tujuan memperbaiki perekonomian.

Dwikora: dwi komando rakyat merupakan komando dari presiden untuk melakukan kofrontasi. terjadi pada masa sukarno pada malaysia 
game of the emerging forces: merupakan proyek mercusuar presiden untuk menyelenggarakan pesta olahraga negara-negasa new emerging forces.

inflasi: kemerosotan nilai mata uang yang karena banyaknya dan cepatanya uang beredar sehingga menyebabkan naikny
a barang secara tidak terkendali.

konfrontasi: cara menentang musuh atau kesulitan dengan berhadapan langsung atau terang-terangan misalnya konfrmtasi indonesia dan malaysia.

konstituante: dewan pembuat undang-undang dasar yang dipilih berdasarkan pemilihan umum 1955.

muval security act (msa): dasar adanya pendandatanganan persetujuan bantuan ekonomi, teknik dan persenjataan dari amerika serikat kepada indonesia.

nefos: new emerging forces, kelempok negara berkembang yang anti imperiakis dan kolonialis.

normalisasi: pembukaan kembali hubungan diplomasi indonesia dengan negara-negara tetanggi dikawasan regimal dan internasional.

old estables forces: kelompok negara imperialias / kolmialis dan negara berkembang yang cendrung pada kelompok ini.

oposisi: 
merupakan kekuatan pengontrol thd penguasa yg memiliki sikap berbeda dengan penguasa.

panca usaha tani: merupakan program yang dicanangkan pemerintah orde baru untuk meningkatkan produksi pangan terutama beras.


perang dingin: situasi politik dunia yang terjadi karena adanya perseteruan dua ideologi dari dua negara andkuasai yaitu as yang mewakili blok crat dan unisoviet blok timur.

politik mercusuar: merupakan kebijakan politik yang diterapkan soekarno pada masa demokrasi terpimpin yang ingin menunjukan kemegahan ditengah pergaulan antar bangsa.

prri: merupakan pemberontakan yang terjadi akibat adanya ketidak puasan beberapa daerah diwilayah indonesia terhadap pemerintah pusat.

reformasi: merupakan suatu gerakan yang menhendaki adanya perubahan kehidupan masyarakat kelebih baik.

reses: masa waktu istirahat antar sidang biasanya dimiliki lembaga legis latif dan konstituante.

reshuffle: pergantian, dimaksudkan untuk pergantian kabinet.

sanering: kebijakan pemotongan nilai mata uang oleh negara untuk 
menstabijan nilai mata uang.

separatisme: gerakan pengacau keamanan yang bertujuan untuk memisahkan diri dari negara kesatuan RI.


trikora: tiga komando rakyat, komando dari presiden soekarno untuk melakukan perlawanan secara militer kepada belanda

trivra: tiga tuntutan rakyat, merupakan tuntutan yang diajukan mahasiswa dan masyarakat kepada rejim soekarno untuk memulgkan keaadaan nasioanal.

unamet: unitet nations mission in east timor, misi pbb untuk kasus timur-timur.

nah itulah istilah-istilah penting, pengertian dan penjelasan yang perlu kita ketahui.. semoga bermanfaat..
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk " Glosarium pengertian dan penjelasan kata Sejarah indonesia"