Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembangunan ekonomi tujuan, faktor-faktor dan kriteria!

Pembangunan ekonomi tujuan, faktor-faktor dan kriteria!

Berikut ini adalah mengenai pembangunan ekonomi, pengertian pembangunan ekonomi, tujuan pembangunan ekonomi, faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi, kriteria pembangunan ekonomi, masalah dalam pembangunan ekonomi.
pengertian pembangunan ekonomi: pembangunan ekonomi adalah usaha usaha untuk meningkatkan taraf kehidupan suatu bangsa yang sering kali diukur dari tinggi rendahnya pendapatan real perkapita.
tujuan pembangunan ekonomi: meningkatkan kualitas hidup masyarakat, memperluas distribusi barang kebutuhan pokok, memperluas kesempatan kerja, memperbaiki kualitas pendidikan, meningkatkan pemahaman dan tingkah laku masyarakat didalam menjunjung nilai luhur budaya, meningkatkan pendapatan masyarakat, memperluas pilihan ekonomi dan sosial.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi.
* faktor ekonomi
sumber daya alam, sumber daya manusia, sumberdaya modal, keahlian.
* faktor non ekonomi.
lembaga sosial, keadaan politik dan intitusimal, kesemuanya dapat mempengaruhi sikap dan kemampuan masyarakat sebagai pelaksana pembangunan.
faktor sosial budaya, struktur politik yang lemah juga mempengaruhi.

Kriteria keberhasilan pembangunan:
* pendapatan nasional. tingkat pendapatan nasimal yang tinggi menandakan kapasitas produksi nasional yang tinggi.
* pendapatan perkapita. tinggi rendahnya pendapatan perkapita dapat menggambarkan sejauh mana penduduk untuk mengkonsumsi barang hasil produksi.
* kesempatan kerja. apabila suatu negara mampu mempertahankan tingkat kesempatan kerja yang tinggi berarti masyarakat mampu mempercepat laju ekonomi.
* distribusi pendapatan. dp yang merata juga ukuran yang penting.
* peranan sektor industri dan jasa pada umumnya semakin besar kontribusi sektor industri dan jasa maka akan semakin maju suatu negara.
* stabilitas ekonomi. tingkat perekonomian meliputi tingkat stabilitas tingkat pendapatan dan kesempatan kerja serta tingkat harga mempengaruhi pasar produk dalam negri.
* neraca pembayaran luar negri. 
apabila neraca pembayaran mengalami surplus. kondisi ini jauh lebih baik dibanding kondisi seimbang karena berpengaruh terhadap perekonomian negara tsb.

masalah dalam pembangunan ekonomi dinegara berkembang. yaitu: kurangnya modal dan rendahnya kualit
as penduduk, kepincangan dalam tingkat pertumbuhan antara berbagai sektor ekonomi, kepincangan dalam distribusi pendapatan, kelemahan kelembagaan masyarakat sifat dan kebiasaan hidup..

itulah pembahasan kita mengenai pembangunan ekonomi. jangan lupa beri komentar anda yah!
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Pembangunan ekonomi tujuan, faktor-faktor dan kriteria!"