Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Alat indra pada manusia yang sangat penting!

3 Alat indra pada manusia yang sangat penting!
selamat datang diblog ini. pada kesempatan ini pembahasan kita adalah mengenai alat indra pada manusia, alat indra mata, alat indra telinga, alat indra lidah, berikut penjelasan dari ketiga alat indra pada manusia tersebut :

1. mata. indra pertama yaitu mata mata adalah organ yang peka terhadap rangsangan cahaya, terilk dalam rongga mata dan otot. peniambat mata pada tengkorak, mata dilindungi oleh alis mta, kelopak mata, kelenjar air mata menghasilkan air mata yang berguna untuk membasahi bola mata dan membersihkan benda asing seperti debu. dinding bola mata terdiri dari:
a. skiera atau lapisan pertama ,adalah lapisan terluar, keras, bewarna putih disebut bagian putih, bagian depan, menonjol dan transparan. atau ini disebut kornea.
b. koroidera atau kapisan kedua, disebut siput darah karena banyak terdapat pembulu darah, kecuali bagian depan karena sedikit terbuka / selaput pelangi pupil. yang terdapat dibelakang kornea.
c. retina atau selaput jala, mengandung

reseptor sel batang , sel kerment, sel batang berfungsi pada keadaan cahaya tidak dapat membedakan warna.

2. Telinga. telinga juga merupakan alat indra pada manusia, terdiri dari 3 bagian.

a. bagian luar , terdiri atas telinga, liang telinga, dan membran tempuni atau gendang telinga.
b. bagian tengah, terdiri atas tulang martil atau mallens , tulang landasan, dan tulang sanggurd.
c. bagian terdalam atas rumah siput. saluran gendang atau saluran tengah lingkaran atau kanalis simisir kudaris, rumah siput berperan dalam penerimaan suara, sedangkan 3 bagian saluran seluang berfungsi untuk alat keseimbangan manusia.

telinga bagian luar: daun telinga, liang telinga, gendang telinga.
bagian tengah: tulang martih- tulang landasan, bunyi atau getaran: daun telinga-membran tempani-saluran-getaran-jendela or*l- koklea-cairan linfe-diding kok lea-rangsangan-otak-bunyi.

3. Lidah. lidah juga merupakan alat indra pada manusia. lidah peka terhadap rangsangan rasa karena mengandung banyak kuncup pengecap yang terletak di

celah-celah papila.

bagian-bagian perasa pada lidah.

~ rasa manis di lidah bagian depan
~ rasa pahit dilidah bagian belakang dekat kerongkongan.
~ rasa asing di tepi-tepi lidah secara keseluruhan
~ rasa masam terdapat dibagian samping kanan dan kiri lidah.

mungkin hanya itu materi pembahasan kita mengenai alat indra pada manusia, seperti alat indra mata, alat indra telinga, alat indra lidah, beserta pembagiannya. semoga menambah ilmu pengetahuan anda dan wawasan anda. serta semoga bermanfaat ..
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "3 Alat indra pada manusia yang sangat penting!"