Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara tembus Bidikmisi 2016 ini syaratnya!!!

Cara tembus Bidikmisi 2016 ini syaratnya!!!

selamat datang: pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai bidikmisi, cara tembus bidikmisi, cara sukses bidikmisi, cara lulus bidikmisi, cara lolos bidik misi, cara mendapatkan bidikmisi dengan mudah.
agar anda dapat mendapatkan kuliah gratis melalui bidikmisi maka anda harus memenuhi beberapa syarat mendapatkan bidikmisi, jika tidak maka jangan harap mendapatkan bidik misi.
pemerintah dan pihak kampus sekarang sangat selektif memilih siapa yang berhak untuk menerima bidikmisi diperguruan lanjutan. banyak juga bingung milih kerja apa kuliah
ditahun ini pendaftaran bidikmisi dilakukan secara online melalui situs bidikmisi.dikti.go.id karena bidikmisi diselenggarakan oleh dikti.
setiap tahun ada ribuan siswa yang mendapatkan bidikmisi dari dikti dan uang kuliah dibayarkan alias gratis selama 8 semester, jika tidak lulus selama 8 semester maka selanjutnya dia yang membayar kuliahnya. selain itu bidikmisi jika nilai anda tidak stabil maka bidikmisi anda akan terancam dicabut. kapan bidikmisi dicabut?  bidikmisi dicabut apabila nilai anda turun, ketentuannya misalnya ip anda 2.9 dan semester berikutnya ip anda 2.6 pada tahap ini pihak kampus akan mempertimbangkan ok lah jika begitu anda tetap mendapat bidikmisi, namun jika ada penurunan lagi misalnya ip anda 2.0 bisa-bisa bidik misi anda akan dicabut, namun apabila dikisaran 2.6 kemudian anda mendapat ip 2.5 maka akan dipertimbangkn lagi, jalur amannya yaitu apabila anda mendapat misal ip 2.6 setelah turun dari 2.9 maka seharusnya ip anda adalah diatas 2.6

eh sampe lupa nih syarat-syarat mendapatkan bidik misi agar tembus di tahun ini, okelah berikut

Syarat-syarat mendapatkan bidikmisi:
1. umur maksimal 21 tahun. salah satu syarat utama mendapat bidik misi adalah masalah umur, apabila umur anda dibawah 21 tahun maka kesempatan atau peluang mendapatkan bidikmisi masih ada, apabila umur anda lebih dari 21 maka jangan harap anda mendapat bidikmisi.

2. pendidikan orang tua maksimal S1 atau diploma 4. yah syarat lain untuk mendapat biaya siswa bidikmisi adalah dari orang tua, pendidikan orang tua maksimal adalah S1 atau diploma 4, apabila pendidikan orang tuanya S2 keatas maka jangan harap bidik misi akan dapat, karena orang S2 gajinya cukup membiayai kuliah anaknya, sedangkan bidikmisi hanya diperuntukan untuk siswa prestasi yang kurang mampu.

3. penghasilan kedua orang tua maksimal 3.000.000 , apakah orang tua anda petani, pekebun, pegawai intinya jika lebih dari 3 jt maka jangan harap anda akan dapat bidikmisi yah.

4. warga negara RI dan disekitar RI. yah ini sudah pastilah masa warga negara lain, yah syarat mendapat bidikmisi juga harus warga negara RI.

5. Siswa yang cukup berprestasi. jika kita ingin mendapatkan bidik misi maka kita perlu adanya prestasi atau minimal nilai rapor cendrung naik bukan bergelombang yah..

6. mendaftar secara online. ditahun ini pendaftaran sudah dibuka mulai 15 januari sampai 1 september, pendaftaran dilakukan oleh sekolah, setelah itu siswa diberikan pasword untuk melengkapi datanya, artinya sekolah yang membuatkan akun log in ini, jadi siswa hanya perlu mendaftarkan namanya kepada pihak sekolah. pendaftaran online tahun ini melalui web bidikmisi.dikti.go.id karena diselenggarakan oleh DIKTI.

7. rumah anda tidak boleh bagus. yah bidikmisi hanya diperuntukan untuk orang yang kurang mampu, rumah bagus memberikan ciri bahwa anda mampu, walaupun segala syarat diatas sudah anda penuhi apabila rumah anda bagus maka dipastikan anda tidak lulus bidikmisi, karena rumah juga difoto depan belakang samping dapur wc dan sebagainya, misal rumah anda berkeramik maka sangat kecil sekali kemungkinan mendapat bea siswa bidik misi. dan
jangan pernah mengakali foto rumah dengan memfoto rumah orang lain, karena biasanya pihak kampus meninjau langsung kerumah anda.

8. Data lengkap. yah syarat yang harus anda penuhi jika ingin mendapat bidikmisi adalah data lengkap, data lengkap adalah mulai dari nilai anda dari semester 1 - semester 5 yang harus diinput ke web bidikmisi.dikti.go.id dan harus sesuai artinya tidak boleh diakali, nantinya ini juga dilakukan langsung oleh pihak sekolah, setelah semua data dari sekolah selesai maka data lain seperti foto rumah sertifikat pembayaran pbb atau pajak lain kemudian siswa yang mendaftar bidikmisi diberikan pasword akunnya yang didaftarkan sekolah kemudian siswa memilih jurusan di perguruan tinggi yang di inginkan.
BACA JUGA: 

KULIAH ATAU KERJA? INILAH KISAHKU BACA YAH!

setelah semua persyaratan diatas terpenuhi maka belum tentu juga anda mendapat bidikmisi, karena tergantung jurusan yang dipilih. jika persaingannya ketat maka akan sulit untuk lulus bidikmisi, jika persaingan rendah maka peluang mendapatkan bidikmisi sangat luas. dalam arti persaingan adalah pasingret. pasingret yang banyak peminatnya memang susah ditembus, disarankan sekolah untuk memilih jurusan bidikmisi pilih yang pasingretnya rendah atau 30-40% persaingan. dengan begitu maka sangat besar peluang mendapatkan bidikmisi. pilih persaingan yang rendah namun aspek kerja kedepannya sangat banyak, ini yang penting!

semoga artikel ini bermanfaat.
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Cara tembus Bidikmisi 2016 ini syaratnya!!!"