Follow by Email

Kuliah atau kerja? inilah kisahku baca yah!

Kuliah atau kerja? inilah kisahku baca yah!

sebelumnya saya ucapkan selamat datang teman. mungkin teman juga ada yang senasip dengan saya atau jauh lebih beruntung dari saya. "KULIAH ATAU KERJA" akan menjadi topik kita pada kesempatan ini, banyak yang Bingung lulus smk mau ngapain | Kuliah atau kerja

 karena kuliah adalah jalan yang dekat untuk mencapai cita-cita, sedangkan bekerja adalah jalan yang ditempuh yang sulit untuk mencapai cita-cita. kuliah atau kerja?, kerja atau kuliah?.. pertanyaan ini muncul dikepala saya setiap hari sob.. sebelum cerita lebih lanjut alangkah baiknya jika sobat mengetahui latar belakang kehidupan saya. perkenalkan nama asli saya musmulyadi dikenal di dunia blog dan web sebagai imuel putera, panggilan imuel, saudara 1 orang cewek, anggota keluarga berempat. pekerjaan ayah memotong karet, pekerjaan ibu sebagai ibu rumah tangga sambil gembala sapi orang. adek kelas 3 smp, saya kelas 3 SMK, penghasilan orang tua sangat sedikit cuma 500-1.000.000 perbulan, (tidak stabil) itu dicukup-cukupi untuk biaya sekolah dan hidup sehari-hari, kadang  cukup kadang berhutan, kadang untuk bayar hutan pendapatan minggu ini. belanja kesekolah cuma 7.000 bagi saya itu lumayan..

sedangkan teman-teman saya belanjanya 15-25 rb perhari. saya tidak iri, saya tidak dengki.
saya memanfaatkan uang 7 rb tersebut sebaik mungkin , saya sebelum sekolah berusaha untuk selalu makan pagi , sepulang sekolah saya pergi kewarnet untuk mengelolah blog ini dan juga menambah ilmu dan wawasan, kata orang saya menghabiskan uang kewarnet, gak ada gunanya, dia tidak tahu saya sedang merintis sebuah bisnis didunia maya walaupun belum berhasil saya optimis akan berhasil, dan berharap mampu membiayai kuliah saya.

Saya bersekolah di sebuah sekolah ternama terbanyak muridnya dan terbagus menurut saya dikabupaten sijunjung kecamatan koto vii kabupaten sijunjung provinsi sumatera barat yaitu SMK NEGERI 1 SIJUNJUNG sekolah tercinta saya, saat ini saya sudah kelas 3 semester 2 dan mendekati UN, UN saya berbeda dari senior-senior pendahulu saya yakni UN online, dikenal sebagai UNBK atau  ujian nasional berbasis komputer, sebagai implementasi kurikulum 2013, saya merasa sangat beruntung walaupun hidup sederhana dan pas-pasan saya bisa bersekolah di sekolah yang menurut saya luar biasa ini.

Sekarang sudah kelas 3 semester 2, pertanyaan kelanjutan setiap hari selalu menghantui saya yakni "KULIAH ATAU KERJA" kuliah dan kerja, kuliah saja, kerja saja, kuliah dulu atau kerja dulu baru kuliah. pusing super pusing saya dibuatnya, belum lagi memikirkan ujian keahlian, ujian online. untuk masa depan saya ini saya harus mematangkan keinginan dan memilih kerja atau kuliah.

Saya tidak hanya saya yang pusing, teman-teman juga pusing karena rata-rata perekonomian kami adalah ekonomi menengah kebawah. kami sama-sama pusing dengan memilih kerja atau kuliah, ada teman teman saya yang memilih bekerja dan ada yang memilih kuliah, ada yang kerja sambil kuliah dan sebagainya.

ada yang mengharapkan bidikmisi, saya juga demikian.. ditahun ini tanggal 15 januari sudah dibuka pendaftaran bidikmisi sampai september bidik misi diperuntukan untuk siswa yang kurang mampu namun berprestasi.. alhamdulillah selama di smk dari semester 1 sampai semester 5 saya cukup berprestasi diangka 1, 2, 2, 2, 2. walaupun peringkat menurun namun nilai cenderung naik, saya sudah mengikuti sosialisasi bidikmisi, dan pendaftaran melalui web bidikmisi.dikti.go.id teman sejajaran saya juga banyak yang mengikuti bidikmisi, sekarang ini saya memang ingin kuliah dan mencapai cita-cita saya. dimana cita-cita saya adalah sesuai jurusan saya di smk yaknik bisnis manajemen maka saya bercita-cita menjadi seorang direktur atau manajer. dimana untuk mencapai cita-cita saya diperguruan tinggi saya harus memilih jurusan ekonomi atau tepatnya jurusan manajemen. sungguh itu mimpi dan cita cita yang besar bagi saya, menjadi presiden direktur diperusahaan atau setidaknya manajer selalu saya impikan,

saya sudah berkonsultasi ke ruang BK di sekolah saya mengenai hal ini, kata guru disana "kamu sangat cocok mengikuti bidikmisi karena kamu berprestasi dan juga bukan orang kaya"
dia menyarankan agar memilih jurusan yang pasingretnya rendah, atau peminatnya rendah peluang kerjanya banyak.

namun saya ngotot jurusan yang saya ingin adalah jurusan manajemen. sedangkan kata guru itu pasingret jurusan manajemen sesumatera barat sangat tinggi.

biarlah persaingan tinggi yang penting saya pilih jurusan kehendak hati saya kata saya didalam hati.

saya memang ingin kuliah, sungguh!!! .. namun hanya jurusan ekonomi atau tepatnya manajemen. jika tidak jurusan itu maka tidak sama sekali, hanya jurusan manajemen itulah kehendak hati saya.

walaupun persaingan ketat disumatra barat ini yang memilih jurusan manajemen namun saya tetap harus memilih jurusan itu. karena salah saja saya melangkah maka masa depan tidak akan seperti yang saya harapkan.

Kuliah memang dambaan saya, sekarang berusaha mendapat bidikmisi, jika tidak diterima saya akan mencoba PMDK-PN .
di persaingan pasingret jurusan manajemen yang sangat ketat ini antara Universitas UNAND dan UNP yang persaingan sesumbar. sebenarnya saya kurang yakin untuk mendapatkan bidikmisi atau pmdk-pn .

untuk itu saya hanya mencoba dalam arti tidak mengabaikan peluang, jika peluang itu berpihak kepada saya maka alhamdulillah, jika tidak maka saya akan bekerja dulu.

kemungkinan besar saat ini setelah tamat smk adalah kerja, karna kecil sekali peluang untuk mendapat bidikmisi di pasingret yang ketat tadi. 

Mungkin kerja menjadi pilihan!
di saat saya tidak mampu secara ekonomi dan bidikmisi yang diingin tidak dapat, jalan satu-satunya untuk mencapai cita-cita saya adalah kerja.

kerja dalam arti disini adalah kerja untuk kuliah, saya akan bekerja dan mencoba menabung untuk kuliah ditahun depan, karena bagaimanapun juga kuliah adalah jalan menuju cita-cita saya yang artinya saya harus kuliah walaupun saya harus nganggur dulu sambil kerja. nganggur dalam arti tidak kuliah namun kerja dulu.

saat ini saya berusaha mendapat penghasilan di internet ini untuk membiayai kuliah, mungkin sambil bekerja dulu..

uang hasil kerja itu akan saya  sisihkan dan ditabung untuk biaya pendaftaran tahun depan. walaupun saya tidak diterima dijalur bidik misi nantinya saya akan bekerja sethun kemudian tahun depan saya berencana kuliah dijalur mandiri dengan uang saya sendiri tanpa membebani kedua orang tua saya.

saya sangat menginginkan kesuksesan itu, saya ingin membahagiakan orang sekitar saya.. makanya sukses itu HARUS saya dapatkan. doakan yah sob hehe..

mungkin diantara teman-teman yang baca tulisan ini juga ada yang mengalami hal yang sama. intinya jika kita ingin capai cita-cita kita harus kuliah.. harus.. karena saat ini pendidikan terendah adalah S1 ..

mungkin teman-teman juga ada yang lebih beruntung dari saya, atau mungkin lebih buruk lagi dari saya..

sebagai sesama kita hanya perlu saling mendoakan, jika teman-teman diposisi saya , maka saya doakan agar lulus bidik misi dan dapat mencapai cita-cita sampai sukses,, amien.. doakan saya juga yah sob..

inilah kisah saya.. mungkin teman mau berbagi kisah?? silahkan berbagi dikomentar yah.. berbagi itu indah sob.. 

my facebook: imuel putera chaniago
my twitter: @imuelputera
my google plus: imuel putera

Lebih kenal dengan saya.. share artikel ini difacebook kamu yah sob.. mungkin ada banyak teman yang senasip seperti saya. semoga ini menambah wawasan dan dapat diambil hikmahnya .. amien.. baca yang lain juga yah..

Dapatkan info ubdate artikel terbaru Putera Chaniago WEB di Emailmu!

0 Response to "Kuliah atau kerja? inilah kisahku baca yah!"

Post a Comment

BERI PENDAPATMU..
Hai sob ayo berkomentar, Ayo berikan saran dan kritik yang bersifat membangun .. Agar blog ini berkembang dan kami semakin semangat memberi informasi kepada anda, komentar sobat dibutuhkan, :)

--> Silahkan pilih sistem komentar, jika ingin menggunakan facebook silahkan diforum diatas, jika menggunakan akun google, live journal, wordpress, openid, name/url, typepad, aim kotak dibawah.

Tersedia Name/url Untuk Backlink Ke website mu..
--> 95% komentar disetujui, Jangan buang-buang waktu anda melakukan SPAM