Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah dan tahapan mengaransemen lagu yang baik dan benar.

Langkah dan tahapan mengaransemen lagu yang baik dan benar.
Selamat datang. pada kesempatan ini kita akan membahas tahapan mengaransemen lagu, langkah langkah mengaransemen lagu, taktik mengaransemen lagu, teknik mengaransemen lagu dan cara mengaransemen lagu.
sebelum ke langkah mengaransemen lagu kita perlu tahu itu apa aransemen. aransemen adalah gubahan sebuah lagu untuk kelompok paduan musik instrumen atau fokal. aransemen sering disingkat arr. orang yang mengaransir lagu disebut aranger.
nah jika sudah paham mari kita to the point ke langkah-langkah mengaransemen lagu.
berikut langkahnya.
1. menentukan jenis karya cipta musik. seperti:
komposisi, yaitu suatu bentuk karya yang dicipta secara tertulis. improvisasi yaitu karya cipta seketika, aransemen yaitu bentuk ciptaan yang dihubungkan dengan musik.
2. Teknik dan cara mengaransemen lagu
menyiapkan alat musik dan peralatan, memiliki koleksi lagu atau musik, menentukan tinggi rendah nada, menentukan nada dasar pola irama dan melodi, bersenandung dengan di iringi alat musik, tiap bait dan baris direkam, bunyi musik dikoreksi, ditulis dengan notasi lagu bait dengan seluruh melodi, harmomi, akar, bas, setelah motasi selesai ditulis kalimat lagu, menjadikan teks.

3. pembuatan partitur atau teks l
agu.
judul lagu terletak diatas dan ditulis dg huruf kapital, nada dasar dikiri atas, birama, pola irama yang dipakai, pencipta sebelah kanan atas, akor dengan huruf diletakkan diatas melodi, melodi dapat ditulis dengan not angka dan balok, ditulis kalimat lagu dibawah melodi

4. memahami unsur musik.
melodi, harmomi, counterpoint, irama, irama ringan dan irama cepat.

nah itulah cara dan teknik mengaransemen lagu dengan baik. jadi caranya seperti diatas masing-masing point nya dilakukan dengan masing-masing praktek. kesemua point diatas harus diselaraskan dan digunakan. agar aransemen lagunya bagus tentu perlu adanya beberapa kali perubahan pada musik ataupun lagunya sendiri agar pas. jika kamu mengaransemen sendiri mintalah seseorang untuk memberikan masukan

terhadap hasil aransemen kamu. tapi lebih baik lagi jika kamu mengaransemen lagu bersama kelompok. diantara masing-masing anggota pasti ada memasukan idenya masing-masing.

nah itulah artikel pada kesempatan ini mengenai langkah dan teknik mengaransemen lagu. semoga menambah wawasan dan dapat diterapkan dan juga semoga bermanfaat yah..
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

1 komentar untuk "Langkah dan tahapan mengaransemen lagu yang baik dan benar."

  1. bagus sekali penjelasan untuk tahapan tahapannya,semoga yang swedang belajar cukup terbantu

    BalasHapus

AYO BERI KOMENTAR

Jangan lupa beri komentarnya tentang artikel diatas yah, karena komentar kamu membantu blog ini berkembang dan penulis lebih semangat lagi untuk membagikan artikel lainnya.

Terimakasih

Note: Komentar di moderasi demi menghindari spam