Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membedakan fakta dan opini ini caranya!!!

Membedakan fakta dan opini ini caranya!!!
Selamat datang. pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai fakta dan opini. mulai dari pengertian fakta, pengertian opini, contoh kalimat fakta, contoh kalimat opini.
kita mulai dari pengertian fakta: fakta adalah peristiwa atau kejadian yang kenyataannya tidak diragukan serta dapat dibuktikan kebenarannya dengan data-data yang ada.
seperti orang, tempat, berat dan sebagainya.

opini: opini adalah kalimat yang menyatakan pendapat seseorang tentang suatu hal.
pendapat yang disampaikan bisa tertulis, lisan, percakapan, forum resmi, disurat kabar dan lainnya. Contoh soal fakta dan opini.
(1) sepuluh orang wartawan thailand terpesona dengan keindahan alam pantai carocok painan. (2) rombongan wartawan thailand dipimpin oleh zuan jo jae. (3) wartawan yang ikut bersamanya nani ma to dari TVE thailand dan zauki azmi dari harian thailand. (4) selain menjalin silaturrahmi mereka ingin melihat secara langsung keindahan alam pesisir selatan. (5) kunjungan wartawan thailan ini diharapkan memberikan kontribusi bagi perkembangan pariwisata. (6) peran pers sangat dibutuhkan untuk pengembangan pariwisata.


nah dari soal berbentuk kalimat diatas dapat dilihat dari soal dibawah ini.


1. kalimat fakta pada teks diatas terdapat pada nomor?
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
jawabannya a atau 1

2. kalimat opini pada teks diatas adalah?
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
jawabannya e atau 5.

jadi sudah mengertikan mengenai perbedaan kalimat opini dan fakta? dapat juga dikatakan kalimat fakta adalah peristiwa yang benar-benar terjadi, sedangkan kalimat opini adalah peristiwa yang belum terjadi atau masih prediksi dan pendapat. dan ini adalah pembelajaran kita pada kesempatan ini.

itulah pembahasan mengenai fakta dan opini. mengenai pengertian opini, mengenai pengertian fakta, contoh soal opini, contoh soal fakta, contoh kalimat opini, contoh kalimat fakta.

sebenarnya sejak SMP pelajaran ini sudah ada. di SLTA kita tinggal melanjutkan saja dari segi konsep sama saja. semoga bermanfaat dan menambah idemu.
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Membedakan fakta dan opini ini caranya!!!"