Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perintah berlaku ihsan (Baik) dalam islam ini penjelasannya!!

Perintah berlaku ihsan (Baik) dalam islam ini penjelasannya!!
selamat datang sob. topik kita pada kesempatan ini adalah berlaku ihsan, atau berlaku baik menurut agama islam. adapun pembahasan kita adalah pengertian ihsan, hadis tentang ihsan, dan lainnya.
ihsan atau baik.
pengertian nya: dari sisi kebahasaan kata ihsan berasal dari kata fi'il hasuna-yahsunu-hasanan. artinya baik. kemudian mendapat tambahan hamzah didepannya menjadi ahsana-yahrinu-ihsanan, artinya memperbaiki atau berbuat kebaikan.

sedangkan menurut istilah pengertian ihsan adalah: ihsan pada umumnya diberi pengertian dari kutipan percakapan nabi muhammad saw. dengan malaikan jibril ketika beliau menjelaskan makna ihsan yaitu. "rasululloh saw bersabda; kamu beribadah kepada allah seolah-olah kamu melihatnya, jika kamu tidak melihatnya maka sesungguhnya ia melihatmu" kesimpulan dari pengertian ihsan adalah: menyembah akah swt, seolah-olah melihatnya dan jika tidak mampu melihatnya dengan membayangkan, maka membayangkan bahwa sesungguhnya akah swt, melihat perbuatannya bisa dilakukan. dengan kata lain ihsan adalah beribadag dengan ikhlas, cik yang berupa ibadah khusus seperti shalat dan sejenisnya maupun ibadah umum seperti kerja bakti dan gotong royong.

allah berfirman dalam surah alb
aqarah 2:83 yang artinya " dan ingatlah ketika kami mengambil janji dari bani israil , janganlah kamu menyembah selain allah swt. dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim dan orang miskin. dan bertuturkatalah yang baik kepada manusia laksamakanlah shalat, dan tunaikanlah zakat, tetapi kemudian kamu berpaling mengingkari, kecuali sebagian kecil dari kamu, dan kamu masih menjadi pembangkang"

jadi kita sebagai umat islam harus berbuat baik kepada siapapun karena ini merupakan perintah allah swt, saat sekarang masih sangat banyak yang membangkang terhadap perintah allah ini. kita sebagai orang yang terpelajar seharusnya kita menjadi sangat baik, baik kepada teman, saudara, dan orang lain yang berinteraksi dengan kita. itu akan memberikan

respon yang baik kepada kita.
semoga artikel ini menambah wawasan anda dan semoga bermanfaat.
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Perintah berlaku ihsan (Baik) dalam islam ini penjelasannya!!"