Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unsur tari secara umum dan unsur penunjangnya baca donk!

Unsur tari secara umum dan unsur penunjangnya baca donk!
Selamat datang di blog ini. pada kesempatan ini sesuai judulnya kita akan membahas unsur-unsur dari tari. tarian kan banyak tuh jenisnya. ada tarian tradisional, ada tarian modrn, apakah unsur unsur dari tari sama saja?
yah. pada dasarnya unsur tari satu sama lain sama. unsur tari dibagi menjadi 2 bagian. pertama unsur tari pokok dan unsur tari penunjang.
unsur yang paling pokok dalam tari adalah
gerak: ekspresi/penjiwaan dimana kita saat menari harus menjiwai setiap gerakan tubuh secara dengan baik, ruang/ perpindahan gerak adalah gerakan perpindahan seperti melangkah, waktu/cepat lambat adalah seberapa lama tarian berlangsung apakah cepat atau lambat, tenaga/kualitas gerakan adalah kesemangatan dalam menari terlihat di gerakan penari.
tubuh manusia yang sama sekali tidak lepas dari unsur unsur ruang, waktu dan tenaga. tari adalah keindahan ekspresi jiwa manusia yang diperhalus melali estetika.
Apa kah unsur penunjangnya?
Unsur penunjang.
adapun unsur penunjang dalam tari adalah musik, pakaian, tata rias, panggung, pemain, tata lampu, dan desain lantai.

berikut penjelasan masing-masingnya.


1. musik: musik adalah unsur penunjang yang sangat berpengaruh dalam tarian, dimana apabila tidak ada unsur ini sebuah tarian akan terkesan hambar dan penonton akan kurang tertarik.

2. pakaian, pakaian disini adalah penari dimana pakaian yang dipakai harus sesuai dengan bentuk tubuh peneri, agar penari ini luwes dalam menari.

3. tata rias, yaitu rias seperti bedak, mek up, anting, dan sebagainya.

4. panggung, panggung adalah tempat penari dimana panggung juga menentukan kualitas tarian, dimana panggung yang lebih besar akan menghasilkan lebih baik.

5. pemain, yaitu orang yang menari dimana pemain ini harus menguasai teori dan harus luwes dan percaya diri.

6. tata lampu, adalah penunjang yang juga penting dalam sebuah tarian dimana tata lampu akan memberikan kesan yang artistik pada penari.

7. desain lantai, apakah bewarna warni atau polos yang penting

adalah sipenari merasa nyaman saat menari dengan penataan lantai yang baik.

nah itulah mengenai unsur-unsur tari semoga dapat dipahami dengan mudah dan semoga memberikan manfaat yah.. amin
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Unsur tari secara umum dan unsur penunjangnya baca donk!"