Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerajinan sebagai bagian dari industri kreatief yang perlu dikembangkan!

Kerajinan sebagai bagian dari industri kreatief yang perlu dikembangkan!
selamat datang di pcw. pada kesempatan ini pcw akan kembali membahas mengenai kewirausahaan dan kerajinan. dimana kerajinan sebagai bagian dari industri kreatif. sebagaimana perdadaban ekonomi dunia telah melewati 4 tahap. taham pertama adalah pertanian sebagai penggerak utama, tahap ini dikenal sebagai gelombong ekonomi pertanian. perubahan dan revolusi industri dan perkembangan permesinan membawa jalan baru bagi perekonomian. industri manufaktur bermunculan dan menghasilkan produk secara masal. produk dari industri industri menjadi penggerak utama 

perekonomian, tahapan dan gelombang ini disebut sebagai gelombang ekonomi informasi. sarana prasarana dan sumber daya fisik juga memiliki keterbatasan. gagasan atau ide kreatif dapat memberikan solusi pada sumber daya yang memiliki keterbatasan fisik. ide dan gagasan yang memberikan solusi keterbatasan fisik yang ada. gagasan dan ide tersebut akan terus tumbuh. gelombang dengan gagasan atau ide kreatif sebagai penggeraknya disebut sebagai gelombang ekonomi kreatif. pada tahapan atau gelombang ini industri kreatif merupakan penggerak utamanya. industri yang termasuk ke dalam industri kreatif dikelompokkan menjadi 14 sub sektor. ke 14 itu adalah:

~ arsitektur
~ desain
~ fashion
~ kerajinan
~ penerbitan dan percetakan
~ televisi dan radio
~ musik
~ film
~ periklanan
~ video dan photografi
~ layanan komputer dan perangkat lunak
~ pasar barang dan seni
~ seni pertunjukan
~ riset dan perkembangan
~ permainan interaktif.

kerajinan termasuk sebagai bagian dari industri kreativ tersebut, jika anda pintar membuat kerajinan kenapa tidak??

QUOTE: "Thn 2013 sektor kerajinan berkontribusi sebesar Rp. 92,6 triliun kepada pendapatan domestik bruto indonesia dan membuka 1 juta lapangan pekerjaan yang sebagian besar usaha mikro, kecil dan menengah." 

sekian pembahasan kita
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Kerajinan sebagai bagian dari industri kreatief yang perlu dikembangkan!"