Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pegadaian Syariah (Pegadaian Islam) Yang Ini Mudah Dimengerti!

Pengertian Pegadaian Syariah (Pegadaian Islam) Yang Ini Mudah Dimengerti!

Selamat datang sobat..
Pengertian pegadaian syariah / Pengertian pegadaian islam: dalam ilmu fikih pegadain disebut rahn artinya jamianan, tetap ataupun kekal. menurut mushap: pegadaian adalah perjanjian penyerahan harta oleh pemiliknya yang dijadikan sebagai jaminan. pengertian pegadaian syariah : merupakan lembaga keuangan non bank yang melakukan fungsi organisasi sesuai hukum pegadaian dan prinsip islam. maka dari itu dinamakan pegadaian syariah atau pegadaian islam.
berbicara mengenai syariah pasti selalu berhubungan antara usaha, islam dan manusia.. banyak penduduk di indonesia yang beragama islam dan islam punya peraturannya sendiri. pegadaian merupakan hal yang tidak luput dari pandangan islam. secara islam pegadaian biasa dianggap tidak sesuai syariat islam oleh sebagian besar masyarakat kita. oleh karena itulah hadir pegadaian syariah. pegadaian syariah yang berlandaskan hukum islam dan prinsip islam ini diyakini dapat menja di media atau tempat muslim atau masyarakat yang beragama islam melakukan pegadaian. karena pegadaian syariah berlandaskan kepada hukum islam dan prinsip prinsip islam.

sob.. adapun landasan dari pada pegadaian syariah atau pegadaian islam ini ada beberapa sob.. yaitu dari alquran dan hadist nabi salallahu alaihi wassalam. diantaranya landasan pegadaian syariah atau pegadaian islam adalah: alquran surah al-baqarah ayat: 283 dan surah an-nisa ayat: 29 silahkan dicek sob.. jadi jika kita biasanya khawatir dengan kegiatan pegadaian biasa oleh karena takut bertentangan dengan islam maka kita dapat tetap melakukan pegadaian yaitu pada pegadaian syariah ataupun pegadaian islam.

jadi pegadaian syariah atau pegadaian islam itu pengertiannya adalah: suatu lembaga keuangan bukan bank yang dapat membantu masyarakat apabila membutuhkan uang untuk kepentingan berdasarkan hukum gadai dan berlandasan hukum dan prinsip prinsip islam.

jadi sobat sudah paham tentang pengertian pegadaian syariah atau pegadaian islam kan?

Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Pengertian Pegadaian Syariah (Pegadaian Islam) Yang Ini Mudah Dimengerti!"