Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Dan Proses Pembuatan Tepung Teripang!

Cara Dan Proses Pembuatan Tepung Teripang!

selamat datang sobat putera chaniago web, Tepung Merupakan hal yang sangat akrab dengan kita. tepung dibuat dari bahan nabati ataupun hewani untuk produk kesehatan juga dibuat dengan tujuan untuk kemudahan penggunaan dan juga keawetan. proses pembuatan tepung ada yang mengelolah bahan secara utuh ada juga yang hanya filtrat atau cairan, pembuatan tepung dari bahan meliputi

terhadap pencucian, pemotongan, pengeringan, pengalusan. seperti pembuatan pada tepung teripang atau serbuk jahe, serbuk jahe ini mequpakan untuk bahan minyak atsiri atau dapat juga untuk campuran jamu. pembuatan tepung dengan memanfaatkan filtrat bahan dilakukan pada pembuatan tepung jahe yang instan untuk diminum yang bermanfaat untuk kesehatan.

baca: cara pembuatan simplisia
pembuatan tepung teripang dilakukan dengan cara memisahkan daging teripang dengan isi perutnya, teripang itu dibelah dengan menggunakan pisau dengan air mengalir sampai sangat bersih, daging teripang lalu kemudian dipotong menjadi kecil kecil dan  kemudian dipotong kecil kecil dan dikeringkan, daging tripang yang sudah kering dgaluskan dengan blender sehingga menjadi tepung.

berikut ringkasan pembuatan tepung teripang:
~ teripang
~ teripang dipisahkan daging dengan isi perut > isi perut teripang dibuang
~ daging teripang yang bersih.
~ pengecilan ukuran teripang dengan cara dipotong potong kecil kecil
~ pengeringan
~ kemudian penepungan
~ dan jadilah tepung teripang.

itulah proses pembuatan tepung teripang, sangat mudah sekali prosesnya bukan?.. anda akan sangat dimudahkan dengan tutorial ini. semoga menambah wawasan dan ilmu pengetahuan anda yah, dan semoga dapat bermanfaat selalu juga. salam hebat.
 
rimpang jahe dapat diolah menjadi tepung yang dapat berkembang menjadi aneka minuman seperti jahe susu, bandek, bajigur dan lai6ya. pembuatan tepung jahe instan dapat dilakukan dengan membersihkan bagian yang busuk, lalu diparut untuk memudahkan penyaringan, kemudian dipisahkan endapan. filtrat direbus dengan api mendidih, gula dimasukan , aduk sampai melarut, filtrat akan berubah menjadi busa turun saat itu api dikecilkan dan tepung diaduk secara terus menerus.
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Cara Dan Proses Pembuatan Tepung Teripang!"