Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Penyulingan Rimpang Jahe Yang Benar!

Cara Penyulingan Rimpang Jahe Yang Benar!

Hai sobat putera chaniago web, pada kesempatan ini pembahasan kita adalah mengenai metode penyulingan rimpang jahe, rimpang jahe disuling untuk diambil asrinya. rimpang jahe ini mengandung minyak atsiri sampai 3% loh sob, oke to the point saja yah.
adapun bahan pembuatan penyulingan rimpang jahe adalah:

~ rimpang jahe
~ air
~ kertas saring berlapiskan magnesium karbonat,
peralatannya:
~ alat suling pengukus yang terdiri atas ketel suling pengembung uap dan penampung hasilnya
~ botol kaca bewarna gelap atau jerigen dengan kualitas tinggi.

berikut cara pembuatan rimpang jahe,
~ penyiapan bahan, rimpang jahe dicucu dan dipotong ukuran 2-4 mm, rimpang dapat juga dipukul sampai pecah tapi gak hancur, jahe yang akan disuling tidak perlu dikuliti karena pengulitan menurunkan minyak atsiri.. ukuran harus diusahakan seragam yah, ukuran yang idak seragam akan membuat kesulitan sbt penyusunan chan dalam ketel.
~ penyiapan alat suling, setelah dalam ketel dibersihkan kemudian  di isi air , air yang baik adalah air hujan.
~ pengisian bahan kedalam ketel, bahan disusun seragam, tumpukan chan yang terlalu padat dapat membuat terbentuk rat holes, suatu jalur uap yang menyebabkan rendemen bermutu rendah, setelah bahan diisi tutup ketel rapat jangan sampai ada cela sedikitpun yah..
~ penyulingan, kondesor dialiri dengan air pendingin, disaat itu alat pemisah air minyak sudah terpasang. ketel dipanaskan dengan api, api harus mengenai dasar ketel saja, penyulingan dilakukan selama 16-30 jam, hasil kondensasi berupa campuran air dan minyak atrisi yang sangat mudah dipisahkan.
~ pengurangan air, air dapat dikurangi dengan menyaring minyak melalui kertas saring berlapis magnesium karbmat.
~ penyimpanan, minyak disimpan dalam botol yang bewarna gelap dan ditutup rapat rapat yah.. ini dapat digunakan untuk kesehatan pada manusia, oke sob, sekian pembahasan kita yah semoga bermanfaat.
BACA JUGA: Membuat tepung teripang
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Cara Penyulingan Rimpang Jahe Yang Benar!"