Jika di batam mending beli motor bekas atau motor baru?

Jika di batam mending beli motor bekas atau motor baru?


Hai sob selamat datang diblog kesayangan kita, pada kesempatan kali ini saya mau share mengenai baiknya jika di batam kita beli motor bekas atau motor baru,

sob, di batam adalah kawasan bebas, dimana dikawasan bebas itu semuanya bebas seperti yang bebas itu adalah semuanya lancar, misalnya seperti motor di batam ini bebas ppn, itu hanya di batam saja, ini dikarenakan batam adalah jalur keluar masuk atau akses gerbang tolnya dunia luar,

masalah motor yang tidak ada ppn, artinya motor masuk dari luar ke batam tanpa pajak, dan karena itu pula kendraan di batam juga barang barang lain seperti barang elektronik, dan lainnya lebih murah dari pada dikota lain ataupun daerah kita.

Jadi karena tanpa ppn dibatam stnk dan pajaknya ditandai dengan ftz.. artinya itu tanda tidak ada ppn masuk,

nah balik lagi ke mending beli motor bekas di batam atau beli baru. Nah disini jika kamu mau menetap dibatam dan pulang kampng paling setahun sekali, atau istilahnya pindah kebatam maka yang bagus adalah anda memilih motor baru saja, tapi jika kamu hanya merantau sementara kebatam ,, katakanlah beberapa tahun saja maka saran saya be;i motor bekas saja dan kalau pulang bisa dijual lagi.

Jika kamu beli motor baru atau seken maka kamu akan kesulitan keluar batam, kamu harus mengurus dan membayar ppn artinya karena stnk yang ada cap ftz nya hanya bisa digunakan dibatam tidak bisa dibawa keluar batam.

Jika ingin membawa keluar batam maka kamu harus membayar ppn 10% dari harga motor misalnya harga motor 20 juta maka bayarnya 2 juta, itu hanya ppn, sedangkan jika kamu bayar ppn dan alasan mau bawa keluar atau kekota kamu maka kamu harus mutasi surat surat semua disamsat dibatam kemudian kamu dikasih surat jalan dari kepolisian kemuadian urus lagi buat yang baru di samsat daerah kamu.

Dan biayanya tidak sedikit pula itu sob, 3 juta gak kemana tu sama bayar ppn. Jadi karena itu orang yang merantau kebatam dia lebih memilih beli motor bekas kemudian mau pulang kampung dia jual lagi karena jika mau bawa kekampung besar juga biayanya belum lagi biaya kapal, biaya perjalanan dan lain lain.

Atau jika kamu beli seken dan pengen bawa kekampung lebih ribet lagi belum lagi urus balik namanya, bayar ppn serta mutasinya.

Semoga artikel ini bermanfaat yah sob.. salam dahsyat.

0 Response to "Jika di batam mending beli motor bekas atau motor baru?"

Post a Comment

BERI PENDAPATMU..
Hai sob ayo berkomentar, Ayo berikan saran dan kritik yang bersifat membangun .. Agar blog ini berkembang dan kami semakin semangat memberi informasi kepada anda, komentar sobat dibutuhkan, :)

--> Silahkan pilih sistem komentar, jika ingin menggunakan facebook silahkan diforum diatas, jika menggunakan akun google, live journal, wordpress, openid, name/url, typepad, aim kotak dibawah.

Tersedia Name/url Untuk Backlink Ke website mu..
--> 95% komentar disetujui, Jangan buang-buang waktu anda melakukan SPAM

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel