Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merasa ketika pulang lebih cepat dari pada pergi?

hai sahabat, apakah sobat pernah merasakan ketika bepergian rasanya tuh lama sekali sampai ketujuan dan ketika pulang rasanya cepat saja. apakah kamu pernah merasa begitu sob?
yah, banyak orang juga merasakan hal seperti ini sob, sebuah penelitian di selandia baru telah meneliti ini sejak lama dan mereka menyebutnya RETURN TRIP EFFECT dan mereka menemukan alasan mengapa kita ketika pulang rasanya lebih cepat dibandingkan waktu berangkat.

apakah benar waktu pulang lebih cepat dibandingkan waktu pergi? sebenarnya tidak sob, pada dasarnya jarak antara waktu pergi dan waktu pulang itu sama sob, jadi misalnya jaraknya dari rumah ke tempat tujuan 10 km dengan jalan yang sama maka waktu pulang kerumah dari tempat tujuan jaraknya sama juga 10 km , tidak mungkin kan jarak nya lebi pendek misalnya 8 km saja, tidak masuk akal bukan? padahal jalannya sama, kecuali ada jalan pintas yah kan?


Pengalaman ini juga terjadi ketika aku pergi ke lagoybay kolam renang terbesar di asia tenggara ini, karena itu tadi. saya mempunyai ekspetasi waktu, jadi pas berangkat terasa sangat lama sekali pas pulang rasa nya cepat sekali.

jadi mangapa hal ini terjadi sob?, dari penelitian tersebut diktakan ini terjadi biasanya karena kita mengnjungi tempat tempat baru, diperjalanan kita menemui hal hal yang baru, tanda tanda yang baru dan semuanya baru, ini menyebabkan otak kita bekerja mengingat dan mencerna apa yang dilihatnya sehingga ketika kita sudah banyak melihat objek baru,otak kita akan merasa sangat banyak mendapatkan hal baru, tentu saja hal ini mempengaruhi perjalanan kita, sehingga waktu terasa lebih lambat saat berangkat.

sedangkan ketika pulang kita melewati jalan yang sama otak kita sudah familiar dengan apa yang telah dilihat sebelumnya dan tidak terlalu membebani otak, dan kita juga merasa lebih santai dan tidak terasa sudah sampai saja dirumah.

sedangkan pendapatlain berkata, ini terjadi karena kita mempunyai spektasi waktu untuk sampai ketujuan, biasanya karena ada yang dituju dan sudah ditentukan waktunya alhasil karena waktu semakin dekat sedangkan kita masih diperjalan maka waktu akan terasa lambat.

sedangkan ketika pulang kita tidak lagi memikirkan waktu untuk sampa jam berapa, sehingga kita merasa lebih rileks dan kita merasa lebih cepat sampai.

padahal semua itu sama, ini hanya faktor psikolgi ilmiah dalam tubuh kita, jadi faktanya waktu pergi dan pulang dengan jarak yang sama dan jalan yang sama itu sama.
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Merasa ketika pulang lebih cepat dari pada pergi?"