Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah membuat SUMUR BOR sendiri ditempatmu

Hai sahabat, dipostingan kali ini kita akan mereview bagaimana cara membuat sumur bor. Jadi banyak sekali orang yang belum tahu bagaimana proses pembuatan sumur bor, agar tidak penasaran di artikel ini kita akan membahas detail bagaimana cara membuat sumur bor beserta anggaran biayanya jika membuat sendiri.

Karena masih banyak yang belum tahu maka bisa kita sebut sebagai "Rahasia membuat sumur bor" .. ngeri yah hehe.. 

Sebelum ke caranya kita sediakan dulu peralatan:
1. Mesin pompa air Deasel beserta perlengkapannya: bensin, slang 3 inc dan sumber air. Penting untuk kamu ketahui lokasi pembuatan sumur bor harus dekat sumber air yang memadai seperti sungai, danau ataupun telaga.
2. Slang 1.5 inc dan slang lebih kecil 1 inc untuk penyambungan pipa, sebenarnya saya tidak tahu berapa ukuran slang nya silahkan dilihat di gambar gambar dibawah yah.
3. Sambungan pipa, lem pipa dan perlengkapan lainnya
4. Mesin pompa air kecil untuk sumur bornya nantinya.

Oke untuk anggaran biaya kita lampirkan atau selipkan di paling bawah artikel yah sob, jadi langsung aja ke tutorial cara membuat sumur bor sendiri.

Cara membuat sumur bor sendiri tanpa jasa pembuatan sumur bor.
1. Hidupkan mesin deasel yang besar,


 setelah kita bawa mesinnya ke sumber air yang memadai dan juga kita sudah sambungkan paralon 3 inc sebagai pengalir air kita hidupkan mesinnya. Air mesin ini berguna untuk membantu pengeboran karena tenaga pengeboran adalah dari air mesin deasel ini.

2. Sambungkan paralon 3 inc ke paralon yang lebih kecil.



Seperti gambar diatas kita bisa lihat paralon 3 inc disambungkan ke yang lebih kecil ini untuk mempermudah aliran air , dan bisa disambung sambung. Ikat kuat antara sambungan dengan karet ban dalam seperti diatas.

3. Sebelum melakukan pengeboran ketanah,


 silahkan runcingkan ujung pipa putih seperti gambar, kemudian bagian pangkalnya disambungkan dengan paralon air tadi.

4. Sambungkan paralon runcing dengan sumber air sebagai tenaga, 


kemudian tancapkan ujung pipa yang runcing ke tanah.

5. Sambungkan pipa dengan lem pipa



, sambung menyambung jadi satu hehe.. sambungkan terus pipa sampai melewati beberapa rintangan. Struktur tanah di pedesaan rata rata adalah tanah gambut kemudian setelah itu tanah berlumpur, setelahnya tanah berpasir yang terakhir tanah bebatuan.

6. Setelah pengeboran mentok di tanah bebatuan, 



lakukan penyemprotan kurang lebih 1 jam an untuk membersihkan area didalam yang mungkin masih ada lumpur lumpur dan pasirnya.

7. Kemudian

 masukkan paralon yang lebih kecil kedalam paralon yang diborkan ketanah tadi. Sambungkan sampai mentok juga yah

8. Sambungkan dengan mesin pompa air


 sambungkan dengan rapi, kemudian juga rapikan atau ratakan disekeliling pipa yang diborkan tadi.

9. Hidupkan mesin pompa air untuk mengetes air, 


jika airnya banyak maka tunggu sampai air bersihnya. Jika airnya tidak keluar maka butuh lagi pengeboran atau penyemprotan ulang.
Setelah airnya bersih maka sudah bisa untuk keperluan rumah tangga.

Bagaimana sob?.. sangat mudah kan membuat sumur bor sendiri tanpa jasa pembuatan sumur bor?.. sekarang kamu bisa membuat sumur bor sendiri dirumah atau didesamu. Jika dikota takutnya sumber airnya tidak ada yah.. hehe dikota rata rata orang juga pakai air pam kok ..


Sumber dari tutorial ini diambil dari Youtube dialah jadi jika ingin menonton video lengkapnya silahkan disini yah. Oh iya kita juga punya izin untuk screnshot gambarnya yah disini

Nah sekarang adalah Anggaran biaya dari pembuatan sumurbor sendiri.

Ini juga bersumber dari channel youtube diatas yah sob, katanya anggaran untuk tanah bebatuan adalah 4-7 juta rupian, sedangkan rata rata jika tanah bergambut adalah 3-5 juta rupiah dengan kedalaman 15-30 m. Dan jika kedalamannya 30-100 m maka anggarannya menjadi 5-7 juta rupiah.
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Cara mudah membuat SUMUR BOR sendiri ditempatmu"