Pengertian harga pokok | Fungsi produksi dan fungsi pokok harga pokok dalam perusahaan
Pengertian harga pokok | Fungsi produksi dan fungsi pokok harga pokok dalam perusahaan
pengertian harga pokok harga pokok adalah suatu gambaran kuantitatif dari pengorbanan pengorbanan yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk tertentu yang harus diketahui oleh pihak perusahaan yang bersangkutan unsur unsur biaya produksi -biaya bahan baku langsung -upah langsung -biaya produksi tidak langsung variabel -biaya pemasaran variabel -biaya administrasi dan umum variabel unsur unsur biaya periode -biaya produksi tidak langsung tetap -biaya pemasaran tetap -biaya administrasi dan umum nah dari unsur diatas dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya penghitungan harga pokok adalah menghitung besarnya pengorbanan atau biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang yang akan dijual. mengenai biaya biaya ini ada beberapa cara untuk menggolongkannya dengan dasar
pengertian harga pokok harga pokok adalah suatu gambaran kuantitatif dari pengorbanan pengorbanan yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk tertentu yang harus diketahui oleh pihak perusahaan yang bersangkutan unsur unsur biaya produksi -biaya bahan baku langsung -upah langsung -biaya produksi tidak langsung variabel -biaya pemasaran variabel -biaya administrasi dan umum variabel unsur unsur biaya periode -biaya produksi tidak langsung tetap -biaya pemasaran tetap -biaya administrasi dan umum nah dari unsur diatas dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya penghitungan harga pokok adalah menghitung besarnya pengorbanan atau biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang yang akan dijual. mengenai biaya biaya ini ada beberapa cara untuk menggolongkannya dengan dasar
sumber image:http://bisnisukm.com
objek pengeluaran
penggolongan yang dilakukan dengan memberikan penjelasan singkat pada
setiap objek pengeluaran dalam hal ini, apabila dalam kegiatan produksi, biaya
biaya untuk mengolah bahan baku menjadi suatu produk digolongkan berdasarkan
pengeluaran maka dapat dibagi menjadi 3 golongan -biaya bahan baku (raw
material cost)
-biaya tenaga kerja (labour cost)
-biaya pabrikasi
tidak langsung (factory overhead cost)
hubungan biaya dengan
sesuatu yang dibiayai dalam penggolongan biaya, pada prinsipnya setiap biaya
berhubungan dengan objek yang dibiayai.
berdasarkan hubungannya dengan suatu yang dibiayai dapat
dibagi menjadi dua
-biaya langsung, yaitu biaya yang terjadi karena adanya
objdk yang dibiayai (biaya ini terkait langsung dengan adanya produk tersebut)
jika produk itu tidak ada maka tidak akan ada biaya
-biaya tidak
langsung, yaitu biaya yang terjadi bukan karena adanya sesuatu yang dibiayai.
jadi untuk suatu produk biaya produksit terdiri dari -biaya bahan langsung
-biaya tenaga kerja langsung -biaya pabrikasi tidak langsung/biaya produksi
tidak langsung (over head cost)
fungsi pokok dalam
perusahaan penggolongan biaya berdasarkan pada biayanya terjadi didalam
setiap fungsi perusahaan. sebagai contoh dalam dalam perusahaan industri.
fungsi fungsi yang dijalankan adalah fungsi produksi, fungsi administrasi dan
umu, serta fungsi pemasaran. berdasar fungsi itu maka biaya dapat digolongkan
a. biaya produksi berupa -biaya bahan baku -biaya tenaga
kerja -biaya produksi tidak langsung biaya biaya langsung -biaya bahan baku
langsung biaya upah langsung biaya ini digolongkan sebagai biaya utama atau
prime cost biaya biaya produksi tidak langsung -biaya bahan tidak langsung
-biaya tenaga kerja tidak langsung -biaya tidak langsung lainnya. biaya ini
digolongkan sebagai biaya koversi
b. biaya administrasi dan umum. biaya biaya yang terjadi
karena kegitan kegiatan yang tidak berkaitan langsung dengan aktifitas produksi
maupun pemasaran biaya adaministrasi dan umum dalam praktek dapat:
-dialokasikan pada fungsi produksi dan fungsi pemasaran, karena pada dasarnya
biaya administrasi dan umu dikeluarkan untuk menunjang kedua fungsi pokok
tersebut. -tidak dialokasikan pada fungsi produksi dan pemasaran, tetapi
dipisahkan tersendiri sebagai biaya administrasi dan umum
c. biaya pemasaran yaitu biaya biaya yang dikeluarkan
sehubungan dengan upaya:
-memperoleh pesanan dari konsumen, misal biaya promo
-memenuhi pesanan pada konsumen, misal biaya pengankutan dan
pengepakan biaya biaya yang dikeluarkan untuk administrasi umum dan pemasaran
digolongkan sebagai biaya komersial
Pengertian harga pokok | Fungsi produksi dan fungsi pokok harga pokok dalam perusahaan
perubahan volume
produksi atau kegiatan perusahaan perhitungan biaya yang mengalami perubahan
perubahan karena pengaruh perubahan volume produksi. berdasar kan itu biaya
dapat digolongkan: -biaya tetap adalah biaya yang dikeluarkan besarnya relatif
tetap tidak terpengaruh oleh volume produksi -biaya variabel adalah biaya yang
besarnya berubah ubah sesuai dengan perubahan volume produksi. dari 2
perhitungan diatas dapat digunakan untuk mengitung biaya total
dengan rumus Total cost=fixed cost-variabel cost
waktu
penggolongan ini dibuat dengan bertitik tolak pada perhitungan rugi laba dalam
suatu periode. untuk ketelitian perhitungan rugi laba, maka biaya harus
digolongkan berdasarkan pembebanannya pada periode akuntansi tertentu. berdasar
waktu tersebuat biaya biaya dapat digolongkan -pengeluaran modal, yaitu biaya
biaya yang dikeluarkan untuk manfaat lebih dari satu periode akuntansi,
pengeluaran semacam ini pembebanannya dibagikan sesuai periode pemanfaatannya
-pengeluaran penghasilan, yaitu biaya biaya yang hanya bermanfaat dalam satu
periode akuntansi yang bersangkutan.
Pengertian harga pokok | Fungsi produksi dan fungsi pokok harga pokok dalam perusahaan
Posting Komentar untuk "Pengertian harga pokok | Fungsi produksi dan fungsi pokok harga pokok dalam perusahaan"
AYO BERI KOMENTAR
Jangan lupa beri komentarnya tentang artikel diatas yah, karena komentar kamu membantu blog ini berkembang dan penulis lebih semangat lagi untuk membagikan artikel lainnya.
Terimakasih
Note: Komentar di moderasi demi menghindari spam