Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks opini atau tajuk rencana menjadi pelajaran kelas XII dikurikulum 2013!

Teks opini atau tajuk rencana menjadi pelajaran kelas XII dikurikulum 2013!

selamat datang diputera chaniago web.. pada kesempatan ini kami akan membahas "teks editorial" atau "tajuk rencana" sebagaimana yang kita ketahui bersama teks opini, teks editorial atau tajuk rencana adalah teks yang menjelaskan tentang trend, berita saat ini, hot issue atau pembicaraan suatu peristiwa yang sedang ramai dibicarakan ditulis dengan gaya jurnalistik. inti dari teks editorial, teks opini dan tajuk rencana itu adalah "membicarakan suatu peristiwa yang sedang ramai dibicarakan ditulis dengan gaya jurnalis" itulah pokok dari teks editorial, tajuk rencana, opini hanya 2 buah ramai

dibicarakan kemudian ditulis dengan gaya jurnalistik. contoh teks editorial adalah dapat kita lihat disurat kabar seperti opini, editorial pekan ini, editorial khusus. disurat kabar seperti MI dan koran sindo padang express biasanya selalu ada teks editorial ini. kaidah kebahasaan yang sering ada di teks editorial ini adalah adverbia dan konjungsi sekarang ini teks editorial dipelajari pada kelas 12 ditingkatan SLTA seperti SMA, SMK, SMU, MA, STM dan sederajat. pelajaran ini berada di semester kedua pelajaran bahasa indonesia. sebelumnya dikurikulum KTSP sudah ada juga namun namanya tidak teks editorial tapi cuma opini, karena opini, editorial, dan tajuk rencana itu hampir sama. sebenarnya tidak sama karena intinya adalah teks editorial yang berbeda pengertian dengan teks opini.

jadi teks opini adalah teks pendapat atau pernyataan pendapat yang belum tentu membicarakan yang sedang ramai dibicarakan dan belum tentu bergaya jurnalistik. jadi dapat dikatakan teks opini tidak pasti teks editorial. sedangkan teks editorial pasti dia teks opini. sekarang anda sudah paham bukan antara keduanya ini?

di kelas 12 juga mempelajari cara membuat teks editorial, untuk membuatnya kita butuh referensi contoh teks editorial. contohnya dapat kita cari disurat kabar, media online dan sebagainya. sekian semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda yag sobat hmmm
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Teks opini atau tajuk rencana menjadi pelajaran kelas XII dikurikulum 2013!"