Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Getah Karet Menyusut Dan Semakin Sedikit Keluar?

Kenapa Getah Karet Menyusut Dan Semakin Sedikit Keluar?


Hai sahabat putera chaniago web, karet sebagai andalan sebagian besar orang petani adalah hidup mereka. dimana petani karet ini sangat banyak di sumbar, riau dan juga kalimantan. mengingat harga karet yang sangat murah membuat mereka hidup dalam kondisi pas pasan terkadang mereka harus berhutang dan menutup lagi kemudian berhutang lagi istilahnya gali lobang tutup lobang. nah sekarang muncul permasalahan baru getah karet yang menjadi tempat mereka menggantungkan hidup semakin sedikit sedangkan harga karet tetap rendah. apa saja faktor getah karet menyusut? mari kita lihat:

faktor penyebab susutnya getah karet:

1. gugur daun. ini merupakan penyebab paling umum getah karet menyusut drastis, saat daun karet gugur atau berganti daun dan saat daunnya masih mudah getahnya akan tetap sedikit. saat daunnya sudah tua dan keras maka getahnya akan kembali normal banyak seperti biasanya, karena daun ini adalah faktor utama banyak tidaknya karet yang keluar. 2. faktor hujan. saat getah karet lagi banyak banyaknya tiba tiba hujan sangat lebat seharian ini akan membuat getah karet keesokannya berkurang atau menyusut namun ini hanya berlangsung 1-2 hari saja kemudian getah karet akan kembali banyak. namun jika hujan berketerusan maka kitapun tidak bisa memotong karet.

3. karena tidak kunjung hujan, ketika musim kemarau tiba sudah tidak hujan berminggu minggu maka getah karet akan semakin menyusut dan terus semakin sedikit, karena akar tidak menemukan air atau kelembapan ditanah. namun apabila hujan lebat seharian ketika sudah lama tidak hujan seperti ini maka besoknya getah karet akan berangsur banyak. ini kebalikan dari nomor 2 tadi dimani jika pas getah lagi banyak tiba tiba hujan lebat maka getah akan menyusut atau hilang sementara.

jadi faktor diatas sangat mempengaruhi banyak atau tidaknya getah karet. inilah pengalaman saya sebagai petani karet lebih kurang 19 tahun.

semoga bermanfaat..

2 komentar untuk "Kenapa Getah Karet Menyusut Dan Semakin Sedikit Keluar?"

AYO BERI KOMENTAR

Jangan lupa beri komentarnya tentang artikel diatas yah, karena komentar kamu membantu blog ini berkembang dan penulis lebih semangat lagi untuk membagikan artikel lainnya.

Terimakasih

Note: Komentar di moderasi demi menghindari spam