Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Proposal usaha UKM dengan perhitungan lengkap dan profesional!

Contoh Proposal usaha UKM dengan perhitungan lengkap dan profesional!

Selamat datang dipcw, padakesempatan ini kami akan berbagi contoh proposal yang baru-baru ini kami buat, simak dibawah ini:

1.
PROPOSAL USAHA
DONAT SINGKONG
DISUSUN OLEH
NAMA : MUSMULYADI
KELAS : XII PM 2
JURUSAN: TATANIAGA
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 1 SIJUNJUNG
Jln. Prof. M. Yamin, SH No. 1. Tanjung Ampalu
Telp. (0754)7527249, Kode Pos: 27562
TAUN AJARAN 2015/2016
2.
Latar Belakang:
Semakin banyaknya produsen yang menjual makanan kecil dengan berbagai macam varian rasa, membuat saya tertarik untuk menekuni Usaha Donat yang berbeda dengan yang lainnya yaitu usaha "Donat Singkong", donat singkong merupakan donat yang berbahan dasar singkong dan tepung. Singkong bisa digunakan sebagai bahan campuran pembuatan donat, karena ia memiliki tekstur yang lembut dan mimiliki kandungan gizi yang tinggi. Selain menambah variasi donat singkong jua dapat menambah asupan gizi, terutama bagi penderita diabetes.
Singkong aman dikonsumsi oleh semua usia mulai dari anak-anak hingga dewasa, karane ubi singkong memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin B, Fosfor dalam jumlah yang tinggi, karbo hidrat. Selain itu singkong ini rasa dan teksturnya sangat lembut dilidah bahkan makanan ini merupakan makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil, karena umbi-umbian bagus untuk ibu hamil.

Saya tertarik untuk memasarkan donat singkong ini karena dilingkungan saya masih sangat jarang ditemui makanan seperti ini, juga karena singkong mudah didapat dan murah. Walaupun murah kandungan gizi dan karbohidrat didalam singkong sangat tinggi sehingga bisa menambah energi. saya terjun memasarkan donat singkong ini karena persaingan sedikit, dapat dikatakan usaha ini adalah jenis usaha "Blue Oncean" yaitu jenis usaha baru yang sangat minim pesaingnya.

Jadi Donat Singkong tidak hanya baik untuk dikonsumsh tetapi juga enak dan menyehatkan dan yang pasti menambah energh kita, sehingga kita yang mengkonsumsi tidak loyo tetapi semangat dan berenergi.

3. Visi Dan Misi
Visi:
Memunculkan suatu produk cemilan donat dengan inovasi baru yang berbeda dengan donat-donat yang sudah ada dan memberikan kepuasan konsumen yang tidak hentinya menginginkan suatu produk cemilan dengan inovasi baru. Misi:
1. Menggunakan singkong sebagai bahan utama produk ini
2. mengutamakan kebersihan isi produk maupun kemasan produk
3. mengutamakan kualitas produk untuk membuat konsumen loyal
4. harga yang terjangkau oleh siapapun

4. 

Tujuan :
1. Mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan
2. membuka lapangan pekerjaan karena saya akan merekrut karyawan
3. membantu perekonomian saya dan keluarga
4. meningkatkan pengetaguan dan menambah pengalaman dalam kewirausahaan
5. menambah kreasi baru bidang usaha yang inovatif.

5.
BAB II
Segmentasi pasar
mengenal permintaan dan penawaran.
Saat ini permintaan akan produk yang inovatif sangat tinggi, konsumem memilih dan memilah jika membeli suatu makanan. Konsumen akan memperhatikan kebersihan, keunikan dan rasa yang berbeda dari produk lain. Melihat permintaan konsumen yang seperti ini dari segi penawaran pasar masih kurang adanya penawaran seperti permintaan konsumen. Maka dari itu saya memilih memasarkan produk donat singkong ini karena masih sangat jarang ada seperti ini karena ini merupakan inovasi baru. Saya akan memberikan citra yang baik kepada produk ini sehingga permintaan konsumen ini terpenuhi.

Uraian Analisa Pasar
a. mengenal lingkungan pasar.
lingkungan pasar yang dituju oleh produk saya adalah sekitar kabupaten sijunjung, saya akan berusaha menyebar luaskan keseluruh daerah-daerah disijunjung.

b. Mengetahui karakteristik pasar.
karakteristik pasar melihat situasi saat ini pasar sangat mudah beralih dari suatu produsen keprodusen lain karena permintaan dari konsumen belum merata terpenuhi. Oleh karena itu saya akan memanfaat kan potensi ini dengan produk yang saya pasarkan.

c. menghadapi para pesaing.
saat ini pesaing donat singkong untuk daerah sijunjung belum ada, namun pesaing disini juga termasuk pengusaha segala macam donat, untuk mengatasi persaingan saya akan memberikan pelayanan prima sebaik mungkin.

d. melaksanakan kebijakan pemasaran
kebijakan pemasaran adalag memenug keinginan dan kebutuhan konsumen serta mengetahui keadaan konsumen, sesuai konsep pemasaran saya akan memberikan kepuasan kepada pelanggan dan konsumen produk dengan produk berkualitas dan pelayanan prima.

e. membuat program dalam bidang pemasaran.
program pemasaran produk saya lakukan dengan berkonsep dan strategi yang pas. pendistribushan produk juga dilakukan pada pagi hari setiap harinya.

f. menentukan keputusan.
keputusan disini tentang permintaan dan penawaran produk dipasar, jika produk ini diterima dipasar saya akan terus mengembangkan menjadi usaha besar, jika permintaan pasar sedikit saya akan melakukan survei tentang hal ini dan melakukan perubahan-perubahan.

6.

Objek pasar
objek pasar produk ini untuk semua umur. saya memilih produk donat singkong karena cocok dipasarkan untuk semua umur mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, lansia, laki-laki/perempuan dan karena rata-rata perekonomian sijunjung adalah menengah kebawah, pasar produk ini tentu menengah kebawah, namun produk ini bukan berarti tidak berkualitas, saya akan memberikan kualitas plus terhadap semua konsumen Target pasar
Untuk target pasar produk ini saya memilih daerah yaitu kabupaten sijunjung, semua daerah-daerah dikabupaten sijunjung karen objek pasar produk ini adalah semua umur maka sangat cocok dipasarkan didaerah saya ini.

8.
Bauran Pemasaran
produk yang saya pasarkan ini adalah produk yang sesuai dengan permintaan pasar saat ini, produk ini akan mampu memenuhi permintaan konsumen makanan yang saat ini sangat membutuhkan produk yang higenis, bersih, rapi, inovasi dan pelayanan yang baik. Produk ini akan mampu memenuhi permintaan tersebut

b. Price/harga
sesuai permintaan pasar yang menginginkan produk dengan adanya inovasi, masalah harga juga sangat sensitif sekali, harga produk ini sangat terjangkau oleh konsumen dan mampu menyaingi jenis donat lainnya dan konsumen tidak akan kemahalan.

c. Place/tempat
untuk lokasi atau tempat tepatnya pusat dari produk ini yaitu dilokasi keramaian yang sangat potensi banyak pelanggan. disana akan dibangun toko modren produk donat singkong ini kemudian juga didistribusikan kemini market dan swalayan seluruh daerah sijunjung.

d. Promotion/promosi
promosi yang saya lakukan untuk produk donat ini, karena produk ini baru saya akan melakukan promosi besar-besaran seperti diradio lansek manih, surat kabar, medha sosial dan internet sehingga calon konsumen mengetahui informasi dengan merata dan tertarik untuk membelinya.

9.
Analisis SWOT
a. Strenght/kekuatan
kekuatan dari produk yang saya pasarkan ini terletak pada kualitas produk dan pelayanan yang bagus, karena sesuai dengan permintaan pasar saat ini, kualitas produk dan pelayanan prima yang saya kombinasikan menghasilkan kekuatan pada produk.

b. Weaknes/kelemahan
setiap produk pasti ada kelemahannya walaupun sedikit, untuk kelemahan produk ini menurut saya karena produk ini baru belum begitu dikenal masyarakat. namun hal ini dapat diatasi dengan promosi besar-besaran yang saya lakukan.
c. Oportunity/peluang
peluang yang saya tangkap dengan produk ini adalah karena permintaan pasar yang begitu tinggi namun penawaran sangat rendah, produk ini akan saya tawarkan untuk memenuhi permintaan yang tinggi tersebut, selain itu tempat atau pusat dari produk ini terletak dikeramaian dan sangat strategis.

d. Treath/ancaman
melihat resiko saat ini kendaraan semakin padat, yang sering terjadi kecelakaan, apabila pendistribusian ini mengalami hal serupa tentu akan sangat rugi besar selain produk yang rusak mobil pendistribusian juga rusak inilah ancaman yang paling berbahaya. dan faktor lainnya.

10. 

BAB III
Modal sendiri Rp. 9.510.000
B. RAB (Rencana anggaran biaya)
1. pembelian barang 3500 unit x Rp. 1500 = Rp. 5.250.000
2. peralatan
- etalase 2 buah Rp. 1.000.000
-meja+ kursi Rp. 1.000.000
- Rak Rp. 500.000
- Hektar Rp. 10.000
jumlah Rp. 2.510.000
3. perlengkapan
- kantong plastik Rp. 500.000
-wadah produk Rp. 1.000.000
-anak hektar Rp. 250.000
jumlah Rp. 1.750.000
Total jumlah Rp. 9.510.000
nb: modal sendiri didapat dari RAB, 3500 unit merupakan jumlah barang perbulan, Rp. 1500 merupakan harga pokok sebelum dijual.
C. Prediksi laba rugi.
LAPORAN LABA RUGI IMUELFOOD SINGKONG
Bulan...
Penjualan bersih 3500 unit x Rp. 4000 = Rp. 14.000.000
Harga pokok produksi 3500 unit x Rp. 1500 = Rp. 5.250.000
Laba kotor Rp. 8750.000
Nb: 4000 merupakan harga jual
Biaya operasional
Gaji karyawan 2 orang Rp. 2.000.000
sewa toko Rp. 500.000
Listrik Rp. 50.000
Air Rp. 30.000
jumlah Rp. 2580.000
Biaya non operasional
-kebersihan toko Rp. 100.000
-penyusutan peralatan Rp. 84.164
nb: cara mencari penyusutan misal etalase 2 buah Rp.1000.000 umur ekonomis 3 tahun maka untuk penyusutan tahunan 1000.000 : 3 = 333.333 , penyusutan bulanan 333.333 : 12 =27.777 , penyusutan mingguan 27.777 :4 = 6.944 .. penyusutan diatas dijumlahkan etalase 2 umur 3 tahun, meja+kursi umur 2 tahun, rak umur 3 tahun, hektar 1 tahun kemudian ditambahkan. harga untuk proposal dicari bulanan maka jika dijumlahkan semuanya penyusutan bulanan adalah Rp. 84.164

- Promosi Rp. 500.000
jumlah (nm operasional Rp. 684164

jumlah biaya (OPERASIONAL + NON OPERASIONAL) Rp. 3.264.164

Laba bersih (laba kotor - jumlah biaya) Rp. 5.485.836


BAB IV
Penutup
Demikianlah proposal ini penulis buat dengan sebaik-baiknya, semoga rencana saya yang ada pada proposal ini berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan.

Penulis mengharapkan kritikan dan saran yang bersifat membangun dari proposal ini yang mungkin berguna pada kesempatan lain. saya menyadari proposal ini jauh dari kesempurnaan. segala upaya penulisan proposal ini dengan sebaik-baiknya mungkin belum dapat menyempurnakannya.
Oleh karenanya saya berharap adanya masukan, saya akan sangat senang sekali jika adanya masukan. saya akan menerima dengan senang hati.

Saya juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung pembuatan proposal ini mulai dari orang tua, guru, teman-teman dan semua yang terkait.
Semoga harapan dan rencana diproposal ini tercapai dan usahanya berjalan lancar sebagai mana mestinya.


semoga contoh proposalini bermanfaat...
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

2 komentar untuk "Contoh Proposal usaha UKM dengan perhitungan lengkap dan profesional!"

AYO BERI KOMENTAR

Jangan lupa beri komentarnya tentang artikel diatas yah, karena komentar kamu membantu blog ini berkembang dan penulis lebih semangat lagi untuk membagikan artikel lainnya.

Terimakasih

Note: Komentar di moderasi demi menghindari spam