Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembentukan ASEAN dan tujuan ASEAN | Sejarah indonesia

Pembentukan ASEAN dan tujuan ASEAN | Sejarah indonesia
selamat datang di pcw, pada kesempatan ini kita khusus membahas "asean" dari putera chaniagoweb
pada tanggal 5-8 agus dibangkok ada pertemuan antar menteri luar negeri dari lima negara, indonesia, malaysia, singapura, thailand, filiphina dan thailand, pada 8 agustus 1967 para mentri itu menandtangani dejarasi bankok declaration yang membentuk organisasi kerjasama associatim of south east asian nations atau ASEAN. menurut deklarasi tersebut tujuan ASEAN adalah:
~ mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan asia tenggara
~ memajukan stabilitas dan perdamaian regional asia tenggara
~ memajukan kerjasama aktif dan saling membantu dinegara negara anggota dalam bidang sosial ekonomi, budaya teknik dan ilmu pengetahuan
~ menyediakan bantuan satu sama lain dalam bentuk fasilitas latihan dan penelitian
~ kerjasama yang lebih besar dalam bidang pertanian, industri, perdagangan dan sebagainya
~ memajukan study masalah asia tenggara ~ memelihara dan meningkatkan kerjasama yang bermanfaat.

kesimpulannya: bahwa asean merupakan organisasi kerjasama negara negara asia tenggara yang bersifat non politik dan non militer, terlibatnya indonesia dalam asean bukan suatu penyimpangan dari kebijakan politik bebas aktif. 

kerja sama dalam bidang ekonomi juga pilihan bersama para anggota asean, itu disadari karena negara asean pada saat itu adalah negara yang menginginkan pertumbuhan ekonomi. namun kerjasama bidang politik dan militer tidak diabaikan indonesia dan malaysia misalnya melakukan kerja sama militer untuk meredam bahaya komunis diperbatasan kedua negara di kalimantan,

dimasa awal berdirinya asean telah mendapat tantangan seperti masalah malaysia dan fhilipina menyangkut sabah, akan tetapi semua pihak yang terlibat dapat meredam potensi konflik.

aktivitas asean pada bidang politik yang menonjol seperti dikeluarkannya kuala lumpur declaration pada 27 nov 1971 menyatakan asia tenggara merupakan zone of peace, fredom and neutrality.
SEKIAN
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

2 komentar untuk "Pembentukan ASEAN dan tujuan ASEAN | Sejarah indonesia"

  1. makasih uraiannya, jadi bisa lebih tahu tentang sejarah asena dan bisa buat referensi untuk belajar

    BalasHapus

AYO BERI KOMENTAR

Jangan lupa beri komentarnya tentang artikel diatas yah, karena komentar kamu membantu blog ini berkembang dan penulis lebih semangat lagi untuk membagikan artikel lainnya.

Terimakasih

Note: Komentar di moderasi demi menghindari spam